Segudang Manfaat Bayam Hijau Bagi Kesehatan

Segudang Manfaat Bayam Hijau Bagi Kesehatan
Ilustrasi bayam hijau ( Foto: MSN.com )
Winda Ayu Larasati / WIN Kamis, 13 Juni 2019 | 17:44 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Bayam tidak hanya dapat memberikan tenaga pada tubuh, namun juga baik bagi kesehatan mata, mengurangi tekanan darah dan banyak manfaat lainnya.

1. Bermanfaat untuk penglihatan

Kandungan beta-karoten, lutein dan xanthene pada bayam sangat baik untuk penglihatan kita. Beta-karoten menjadi alasan mengapa sayuran ini sehat untuk mata. Dengan makan bayam rutin, vitamin A akan selalu tercukupi DNA.

Mengonsumsi bayam bisa mengurangi rasa gatal di mata, membantu mengobati ulkus mata dan gangguan lain pada mata.

Sementara kandungan xanthene dan lutein pada bayam berperan sebagai antioksidan yang dapat mencegah terjadinya radikal bebas yang bisa menyebabkan katarak pada mata.

2. Mencegah kanker
Tahukah? Ternyata bayam dapat mencegah timbulnya kanker. Kandungan klorofil pada bayam efektif menahan efek karsinogenik dari amina heterosilik seperti yang ditampilkan melalui percobaan hewan.

Bayam membantu memperlambat pertumbuhan sel tumor. Hal itu terbukti melalui sebuah penelitian yang melibatkan seorang wanita yang memiliki tumor di serviksnya.

3. Dapat memperkuat otot
Jika waktu kecil Anda sering melihat kartun Popeye memiliki otot yang kekar pada tubuhnya, karena makan bayam, ternyata fakta.

Bayam berperan penting dalam mengencangkan otot tubuh terutama otot jantung. Faktor koenzim Q-10 (C0-Q10) berperan sebagai antioksidan yang membantu memompa darah ke seluruh tubuh karena otot yang lebih kuat. Selain itu, koenzim pada bayam mampu mencegah risiko penyakit gagal jantung, hipertensi dan jantung koroner.

4. Mengelola diabetes

Antioksidan atau asam alfa-lipoat yang terkandung pada bayam dapat menurunkan gula darah, meningkatkan sensitivitas insulin dan mencegah oksidatif.

Kandungan asam alfa-lipoat bisa menurunkan risiko neuropati perifier dan otonom pada penyandang diabetes.

Dalam studi kasus belum terungkap jelas apakah asam alfa-lipoat dalam bentuk pil atau tablet akan sama efeknya dengan injeksi, namun tidak menutup kemungkinan bagi penyandang diabetes agar tetap mengonsumsi bayam agar terhindar komplikasi.

5. Baik untuk ibu hamil
Bayam berpengaruh besar bagi janin di perut ibu hamil. Kandungan folat pada bayam dibutuhkan sang calon bayi karena dapat mengembangkan sistem saraf, sehingga dapat menutup kemungkinan terjadinya cacat pada mulut seperti sumbing.

6. Menjaga tekanan darah
Makan bayam dapat menjadi salah satu alternatif untuk menjaga tekanan darah bagi para penderita hipertensi.

Kandungan potasium dapat menurunkan tekanan darah. Selain itu, risiko terkena hipertensi berkurang karena folat yang menenangkan pembuluh darah.

Tekanan darah yang terjaga dengan baik dapat mengurangi stres pada sistem kardiovaskular, sehingga, tubuh mendapatkan oksigen dengan baik.

Wah, ternyata banyak sekali manfaat bayam bagi tubuh. Mulai hari ini, yuk lebih banyak makan bayam!

 



Sumber: Hello Sehat, MSN.com