Bahan Kimia Pada Sabun dan Pasta Gigi Meningkatkan Risiko Osteoporosis bagi Wanita

Bahan Kimia Pada Sabun dan Pasta Gigi Meningkatkan Risiko Osteoporosis bagi Wanita
Ilustrasi sabun ( Foto: Istimewa )
Winda Ayu Larasati / WIN Rabu, 26 Juni 2019 | 19:10 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Bahan kimia yang terdapat pada pasta gigi, sabun dan pembersih tangan bisa menjadi penyebab penyakit tulang osteoporosis pada wanita.

Hal itu, karena wanita lebih rentan dengan triclosan (antiseptik pada sabun) yang dapat meningkatkan dua kali risiko penyakit osteoporosis.

Sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism meneliti lebih dari 1.800 wanita di Amerika Serikat. Hasilnya, wanita dengan kadar triclosan tinggi pada urine cenderung memiliki tulang yang lebih lemah.

"Kami mendeteksi kadar triclosan yang tinggi pada urine, berkaitan dengan kepadatan mineral tulang yang rendah di paha dan tulang belakang lumbar," kata pemimpin penelitian dari Hangzhou Medical College School of Public Health Yingjun Li.

Bahan kimia yang mengganggu hormon tersebut kerap digunakan pada perlengkapan mandi seperti pasta gigi dan sabun karena sifat antibakterinya.

Selain itu, triclosan sering ditemukan pada pakaian, peralatan dapur, kosmetik, serta mainan untuk membersihkan kuman.

Food and Drug Administration pada 2016 melarang penggunaan triclosan dalam pembersih tangan. Penelitian membuktikan bahan kimia itu dapat mengurangi radang gusi.

Menurut Li, penelitiannya merupakan yang pertama kali menyelidiki hubungan antara triclosan dan kesehatan tulang manusia.



Sumber: National Geographic Indonesia, New York Post