Siloam Hospitals Surabaya Ajak Masyarakat Kenali Risiko Diabetes

Siloam Hospitals Surabaya Ajak Masyarakat Kenali Risiko Diabetes
Dr. dr. Soebagijo Adi, Spesialis Penyakit Dalam dan Konsultan Endokrin Metabolik dan Diabetes Siloam Hospitals Surabaya pada seminar “Hidup Sehat Bersama Diabetes” yang diadakan Siloam Hospitals Surabaya di Ibis Surabaya City Center Hotel, Sabtu (13/7/2019). ( Foto: Beritasatu Photo / Dok. Siloam Hospitals Surabaya )
Amrozi Amenan / FER Sabtu, 13 Juli 2019 | 16:27 WIB

Surabaya, Beritasatu.com - Memperingati Hari Diabetes Nasional pada 12 Juli, Siloam Hospitals Surabaya mengadakan seminar "Hidup Sehat Bersama Diabetes" di Ibis Surabaya City Center Hotel, Sabtu (13/7/2019).

"Seminar ini diadakan agar masyarakat semakin mengenal penyakit diabetes, pencegahannya dan penanganannya," ujar Spesialis Penyakit Dalam dan Konsultan Endokrin Metabolik dan Diabetes Siloam Hospitals Surabaya, Dr dr Soebagijo Adi.

Data statistik tahun 2017 menunjukkan, Indonesia naik dari peringkat 7 menjadi peringkat 6 dunia untuk negara dengan jumlah penderita diabetes terbanyak. Usia penderita ditemukan semakin muda dari rata-rata 40 tahun menjadi 35 tahun, bahkan terdapat pasien yang berusia 23 tahun sudah menderita diabetes.

"Tentunya hal ini perlu menjadi perhatian khusus bagi masyarakat Indonesia. Hari Diabetes Nasional yang diperingati setiap 12 Juli menjadi momen bagi Siloam Hospitals Surabaya ikut serta dalam memberikan edukasi mengenai diabetes melalui seminar kesehatan ini," kata dr Soebagijo.

Lebih lanjut, menurut dr Soebagijo, penyakit diabetes merupakan kondisi di mana seseorang mengalami gangguan insulin di dalam tubuhnya. Insulin dalam tubuh berfungsi untuk mengatur metabolisme karbohidrat, lemak, serta protein. Insulin juga mengatur kadar kandungan gula dalam darah.

"Pada penyandang diabetes, kadar gula dalam darah menjadi meningkat akibat ketidak mampuan tubuh untuk mengolah glukosa menjadi energi. Glukosa tidak bisa diubah karena jumlah insulin dalam tubuh tidak cukup, atau insulin yang dihasilkan tidak bekerja dengan baik," jelas dr Soebagijo.

Sebenarnya, lanjut dr Soebagijo, diabetes itu merupakan penyakit yang dapat dicegah dan erat kaitannya dengan pola hidup seseorang. "Dengan pengaturan pola hidup yang benar maka komplikasi akibat diabetes dapat dicegah. Sedangkan untuk penanganannya, diperlukan obat-obatan pengendali kadar gula darah atau injeksi insulin," ujar dr Soebagijo

Sebagai bentuk promosi kesehatan, Siloam Hospitals Surabaya membentuk layanan DOCS (Diabetes One Stop Clinic Siloam). Pelayanan kesehatan ini adalah pelayanan kesehatan yang berkonsep one stop service.

Pasien yang memiliki risiko diabetes dapat menjalani tes komprehensif mulai dari tes laboratorium, tes rekam jantung, tes mata dan konsultasi dengan dokter spesialis agar faktor risiko komplikasi dapat dilakukan deteksi dini dan dicegah progresnya.



Sumber: Investor Daily