Pentingnya Menjaga Kelembapan Kulit Bayi

Pentingnya Menjaga Kelembapan Kulit Bayi
Untuk memberikan pemahaman komprehensif kepada kalangan orang tua tentang kelembutan produk perawatan kulit bayi, Johnson's menyelenggarakan The New Johnson's #ChooseGentle Baby Universe di Grand Atrium Kota Kasablanka. ( Foto: Beritasatu Photo / Istimewa )
Indah Handayani / FER Jumat, 2 Agustus 2019 | 15:53 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Tubuh manusia merupakan rumah bagi triliunan mikroorganisme yang dikenal sebagai microbiome. Hal tersebut berfungsi sebagai garis pertahanan pertama melawan patogen. Meskipun microbiome merupakan aspek penting dari sistem kekebalan bayi, namun keberadaannya di kulit bayi masih berkembang.

Ketua Kelompok Studi Dermatologi Anak Indonesia, dr Srie Prihianti menjelaskan, pada bulan-bulan awal, ketika sistem kekebalan tubuh bayi masih berkembang, kulit mereka 30 persen lebih tipis dan lebih sensitif dibanding kulit orang dewasa. Sehingga, kulit bayi mudah dan lebih cepat kehilangan kelembapan serta rentan terhadap iritasi dan infeksi.

"Karena itu, para ibu sebaiknya memperhatikan perawatan kulit bayi, terutama dalam menjaga kelembapan kulit buah hati," ujar dr Srie Prihianti di sela peluncuran Johnson's CottonTouch di Jakarta, Kamis (1/8/2019).

Menurut dr Srie, kalangan ibu sebaiknya tidak sembarangan dalam menggunakan perwatan kulit bayi. Untuk itu, harus pastikan penggunaan produk bayi yang teruji lembut dan halus, menjaga serta meningkatkan kelembapan kulit, juga pastikan tidak merusak keseimbangan pH ataupun microbiome kulit.

"Keseimbangan microbiome kulit merupakan salah satu faktor penting yang berperan pada sistem pertahanan pertama kulit bayi dari pengaruh dunia luar. Hal itu agar terhindar dari iritasi dan infeksi," paparnya.

Marketing Manager of Johnson's Indonesia, Fika Yolanda mengatakan, pihaknya memahami bahwa kulit bayi memiliki sensitivitas dan kelembaban yang berbeda dari orang dewasa.

"Oleh karena itu, melalui pembelajaran terus menerus mengenai kulit bayi bersama dengan para pakar, dokter anak, dan pediatric dermatologist, kami ingin memenuhi kebutuhan orang tua dalam memberikan produk terbaik dan lembut yang diformulasikan khusus untuk bayi, yaitu Johnson's CottonTouch," kata Fika.

Lebih lanjut, Fika mengatakan, pihaknya percaya pada manfaat sentuhan cinta antara orang tua dan bayi mereka. Inovasi produk baru ini, dirancang khusus untuk menjadi produk yang ideal untuk membangun ikatan melalui sentuhan dan meningkatkan interaksi alami antara orang tua dan bayi.

"Kami telah mempelajari, sentuhan cinta orang tua adalah stimulasi yang fundamental dan sangat baik untuk perkembangan sensorik bayi secara keseluruhan," tandas Fika.



Sumber: Investor Daily