Tahukah? Ternyata Kaktus Bisa Dimakan, Ini Manfaatnya

Tahukah? Ternyata Kaktus Bisa Dimakan, Ini Manfaatnya
Ilustrasi Tanaman Kaktus ( Foto: Antaranews.com )
Winda Ayu Larasati / WIN Rabu, 14 Agustus 2019 | 22:19 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Tahukah Anda? Tanaman kaktus yang biasa kita jumpai sebagai tanaman hias, ternyata memiliki banyak kandungan yang baik untuk tubuh jika dikonsumsi.

Ya, tanaman kaktus bisa dimakan salah satunya jenis kaktus nopales atau prickly pear yang populer di Amerika Latin dan Meksiko.

1. Memperlancar pencernaan
Tanaman kaktus ternyata mengandung banyak serat yang penting bagi pencernaan. Kandungan serat pada makanan membuat feses menjadi padat sehingga lebih mudah dikeluarkan dari saluran cerna.

Serat yang kita peroleh dari memakan kaktus juga merangsang gerak peristaltik (gerakan meremas) pada otot-otot halus pada usus. Hal ini mengurangi risiko gangguan pencernaan seperti sembelit dan diare.

2. Kaktus mengandung nutrisi
Kaktus mengandung berbagai nutrisi bermanfaat, kaktus mentah seberat 128 gram mengandung 3 gram karbohidrat, 1 gram protein, 2 gram serat dan 14 kalori.

Selain itu, makan kaktus bisa memberikan tubuh kita 20 mikrogram vitamin A, 8 miligram vitamin C, 4,6 mikrogram vitamin K, dan 141 miligram kalsium.

Vitamin dan mineral adalah dua nutrisi penting untuk menjaga kelangsungan fungsi tubuh.

3. Mengendalikan gula darah
Makan kaktus aman bagi penderita diabetes lantaran bisa membantu mengendalikan gula darah.

Sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal ISRN Pharmacology menyatakan ekstrak biji kaktus bisa menurunkan gula darah sekaligus meningkatkan glikogen pada otot dan hati.

Makan kaktus akan semakin baik jika diimbangi dengan konsumsi obat-obatan sesuai dengan resep dokter.

4. Menurunkan berat badan
Ternyata makan kaktus dapat membantu menurunkan berat badan. Kandungan vitamin B kompleks pada kaktus mempercepat laju metabolisme sehingga lebih banyak kalori yang dibakar.

Kandungan serat pada kaktus membuat kita merasa kenyang lebih lama dan mencegah kita untuk makan secara berlebihan.

Kaktus juga dapat menurunkan kolesterol jahat dan membantu proses pembakaran lemak. Selain itu, kaktus kaya akan serat, antioksidan, vitamin, dan mineral.



Sumber: Hello Sehat, Antaranews