5 Cara Menghaluskan Kulit Wajah dengan Cara Alami

5 Cara Menghaluskan Kulit Wajah dengan Cara Alami
Masker kopi ( Foto: doktersehat.com )
Winda Ayu Larasati / WIN Senin, 23 September 2019 | 15:56 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Demi mendapatkan kulit yang halus, tidak sedikit orang rela merogoh kocek dalam untuk menjalani perawatan kulit lengkap. Namun, ada beberapa cara menghaluskan kulit wajah secara alami yang bisa Anda coba di rumah.

1. Alpukat
Buah alpukat dapat menghaluskan kulit wajah secara alami, karena mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit. Di antaranya vitamin A, vitamin D, vitamin E, asam lemak omega-3, kalium dan lesitin.

Cara menghaluskan kulit wajah dengan alpukat yakni ambil kulit alpukat yang telah dikupas, lalu gosokkan bagian dalam kulit alpukat tersebut pada wajah selama beberapa menit, lalu diamkan kulit wajah selama 15 menit. Kemudian, bilas wajah dengan air hangat.

2. Bubuk kopi
Bubuk kopi tidak hanya nikmat untuk dikonsumsi, namun juga bisa digunakan untuk menghaluskan wajah secara alami. Bubuk kopi yang tidak mudah larut dalam air dapat digunakan untuk menghilangkan lapisan kulit mati secara efektif.

Untuk membuat scrub kopi, Anda bisa mencampurkan 30 gram bubuk kopi segar, 30 gram brown sugar dan perasan lemon secukupnya sesuai dengan kekentalan scrub sesuai keinginan Anda.

Lalu, gunakan scrub pada kulit wajah setiap tiga hari sekali setelah mandi. Biarkan scrub mengering selama beberapa menit, lalu bilas hingga bersih.

3. Lidah buaya
Kandungan antioksidan, beberapa enzim, vitamin A dan C serta senyawa antiperadangan dalam lidah buaya dapat melembutkan kulit.

Namun, sebelum menggunakan bahan alami satu ini, Anda bisa menempelkan setitik gel lidah buaya pada pergelangan tangan, untuk memastikan Anda tidak alergi.

Jika tidak ada reaksi alergi, Anda bisa mengoleskan gel lidah buaya pada wajah. Oleskan setiap beberapa jam sesuai kebutuhan.

4. Minyak kelapa
Minyak kelapa dapat meningkatkan kelembapan kulit dan menambah jumlah lemak pada permukaan kulit.

Selain itu, minyak kelapa mengandung asam lemak jenuh yang dapat mengisi celah pada kulit dan membuat kulit tetap lembut.

Jika Anda ingin menggunakannya, Anda dapat menyiapkan satu sendok makan minyak kelapa, lalu taruh pada kedua tangan Anda, lalu usap hingga terbentuk lapisan tipis. Setelah itu, oleskan pada seluruh wajah dan leher. Diamkan selama semalam dan bilas di esok hari.

5. Oatmeal
Oatmeal diketahui dapat menyerap minyak berlebih dan mengunci kelembapan kulit sehingga membuat kulit wajah terasa halus. Oatmeal mengandung saponin yang dapat membantu menjaga kehalusan kulit dengan bekerja sebagai pembersih alami.

Untuk memperoleh manfaat tersebut, Anda bisa membuat masker oatmeal dengan bahan-bahan 60 mili air hangat, 40 gram oatmeal, dua sendok makan yogurt tawar, dua sendok makan madu, satu butir putih telur.

Campurkan air hangat dan oatmeal hingga rata, setelah 1-3 menit, tambahkan yogurt, madu, dan putih telur. Oleskan tipis pada wajah Anda dan biarkan selama 15 menit. Kemudian, bilas wajah hingga bersih.

Banyak bahan-bahan yang dapat Anda gunakan sebagai cara menghaluskan wajah secara alami, namun tidak ada hasil yang instan. Anda dapat menggunakannya secara rutin.

 



Sumber: hellosehat.com, doktersehat.com