Logo BeritaSatu

Cegah Stunting dengan MPASI Buah

Kamis, 10 Oktober 2019 | 19:41 WIB
Oleh : Mardiana Makmun / MAR

JAKARTA, Beritasatu.com – Menurut data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, saat ini Indonesia masih mengalami situasi ganda (double burden), yaitu anak bertubuh pendek atau stunting mencapai 30,8%, tetapi di sisi yang lain masih ada anak dengan kelebihan gizi atau obesitas yang mencapai 8% dari seluruh total populasi anak. Faktor tersebut terjadi karena masih banyak anak mengalami malnutrisi. Di sinilah pentingnya peran MPASI pada periode emas atau 1.000 Hari Pertumbuhan Anak.


MPASI diberikan saat usia anak menginjak 6 bulan, saat ASI eksklusif sudah tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan energi (kalori), vitamin, dan mineral yang bertambah seiring pertumbuhan Si Kecil. Pada periode pengenalan MPASI, menu makanan harus memerhatikan tekstur, rasa, frekuensi, dan porsi yang sesuai dengan tahapan usia anak, karena rasa dan tekstur menu MPASI membantu melatih kepekaan indera pengecap anak dan mendukung stimulasi indera lainnya. Tidak hanya menu makanan utama, menu makanan selingan atau snack juga penting agar Si Kecil dapat mengenal semakin banyak rasa dan variasi zat gizi yang masuk ke tubuh juga semakin beragam.


“Pemberian MPASI idealnya terdiri dari 3 porsi makanan utama dan 2 porsi makanan selingan atau snack. Pada menu makanan utama, bisa diutamakan daging dan sayuran sementara untuk menu makanan selingan, buah bisa menjadi salah satu pilihan. Pentingnya pemberian makanan selingan atau snack adalah untuk memastikan agar jumlah asupan dan nutrisi Si Kecil terpenuhi dengan baik. Menu snack juga harus dipastikan agar kaya rasa dan menarik supaya tidak membosankan. Salah satunya contohnya dengan memperkenalkan buah, karena buah memiliki nutrisi tinggi, ragam variasi tekstur, rasa dan terdiri dari bermacam-macam warna dan bentuk yang menarik untuk Si Kecil,” jelas dr. Attila Dewanti, Sp.A (K) selaku dokter spesialis anak.


Cara mudah makan buah

Dalam konteks nutrisi, melalui Consumer Research yang diadakan oleh Milna mengenai makanan bayi yang diadakan terhadap 400 responden yang terdiri dari ibu dengan anak usia 6-18 bulan, anak Indonesia sudah dibiasakan mengonsumsi buah yang ditumbuk atau dihaluskan. Fakta yang sama bisa dilihat dari hasil penjualan rangkaian Milna Nature Delight selama ini yang sangat baik. Artinya, Milna Nature Delight dinilai baik dari segi kandungan nutrisi maupun kemasannya yang praktis dan memudahkan ibu-ibu zaman now dalam memenuhi kebutuhan snack sehat Si Kecil.

Christofer Samuel Lesmana selaku Business Unit Head for Baby and Kids Food Nutrition, Kalbe Nutritionals menjelaskan, “Meningkatnya antusiasme konsumen Milna Nature Delight telah melahirkan Gen Bapur atau Generasi Bawa Pure yang mempercayakan Milna Nature Delight, sebagai pilihan pertama ibu untuk Cara Mudah Makan Buah Si Kecil,”kata Christofer.

Hal ini juga yang dilakukam aktris Tya Ariestya. “Rutinitas makan buah memang sudah saya biasakan sejak kecil pada anak saya, Kanaka, dan dengan kesibukan yang mengharuskan saya untuk banyak bepergian dan membawa anak-anak, Milna Nature Delight sangat membantu menjaga pemenuhan asupan buah Kanaka,” kata Tya.

“Milna Nature Delight adalah fruit puree yang terbuat dari 100% buah asli yang tidak mengandung pengawet ataupun gula tambahan,” tutup Christofer Samuel Lesmana selaku Business Unit Head for Baby and Kids Food Nutrition, Kalbe Nutritionals.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Satu Terduga Teroris Poso Berhasil Dilumpuhkan Satgas

Satgas Madago Raya berhasil melumpuhkan satu orang anggota terduga teroris kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Poso.

NEWS | 29 September 2022

Jokowi Ungkap Hal Fundamental agar Indonesia Bisa Bersaing

Presiden Jokowi menyebutkan 3 hal fundamental yang harus terus dibenahi dan dibangun agar Indonesia mampu bersaing di kancah global.

NEWS | 29 September 2022

Soal Lapas Kelebihan Kapasitas, Ini Kata Menteri Yasonna

Menteri Yasonna menyatakan mengirimkan tahanan ke lapas yang tidak padat serta melakukan program asimilasi integrasi guna mengatasi lapas kelebihan kapasitas.

NEWS | 29 September 2022

Mbah Mijan Sebut Aura Lesti Kejora Mengarah ke KDRT

Paranormal Mbah Mijan turut berkomentar terkait pelaporan Lesti Kejora atas tindakan sang suami Rizky Billar dalam dugaan kasus KDRT tersebut.

NEWS | 29 September 2022

Inovasi Pengganti Kayu, Conwood Komitmen Jaga Kelestarian Hutan

Guna menandai 10 tahun kehadiran PT Conwood Indonesia, inovasi pengganti kayu diluncurkan sebagai produk dekoratif terbarunya yaitu Conwood Beyond.

NEWS | 29 September 2022

Terintegrasi, Aplikasi PeduliLindungi Versi Baru Segera Diluncurkan

Kemenkes menyatakan aplikasi kesehatan terintegrasi PeduliLindungi yang berisi rekam medis elektronik dan layanan kesehatan bakal segera diluncurkan.

NEWS | 29 September 2022

Gempa Bumi Magnitudo 5,2 Mengguncang Jayapura Papua

Gempa bumi dengan magnitudo 5,2 yang mengguncang Jayapura, Papua itu terjadi pukul 18.34.43 WIB.

NEWS | 29 September 2022

Roy Suryo Ditahan di Rutan Salemba dengan Kondisi Sehat

Kejati DKI menerima pelimpahan berkas perkara meme stupa Candi Borobudur dengan tersangka Roy Suryo. Kejati DKI kemudian menahan Roy Suryo di Rutan Salemba.

NEWS | 29 September 2022

Sigid Haryo Wibisono Diduga Jadi Penghubung MAW dengan Anggota DPR

Sigid Haryo Wibisono disinyalir menjadi penghubung Bupati nonaktif Pemalang, Jawa Tengah (Jateng), Mukti Agung Wibowo (MAW) dengan anggota DPR.

NEWS | 29 September 2022

Sejumlah Pemuda di Jakarta Dukung Firli Bahuri Maju Pilpres 2024

Sejumlah pemuda di Petogogan Jakarta Selatan menggelar deklarasi meminta Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri maju pada Pilpres 2024.

NEWS | 29 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Satu Terduga Teroris Poso Berhasil Dilumpuhkan Satgas

Satu Terduga Teroris Poso Berhasil Dilumpuhkan Satgas

NEWS | 10 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings