Bakti Katarak 2019

85 Penderita Katarak Diberikan Operasi Gratis di JEC

85 Penderita Katarak Diberikan Operasi Gratis di JEC
Suasana operasi katarak di salah cabang klinik Jakarta Eye Center (JEC). ( Foto: Kelsie Yordania )
Kelsie Tiatira Yordania / EAS Selasa, 15 Oktober 2019 | 14:03 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Kebutaan masih menjadi masalah kesehatan di berbagai negara di dunia. Berdasarkan data WHO tahun 2015, angka kebutaan di dunia mencapai 36 juta, dan salah satunya disebabkan oleh penyakit katarak. Di Indonesia, katarak menempati urutan pertama sebagai penyebab utama kebutaan, yaitu 78% berdasarkan survei Rapid Assesment of Avoidable Blindness (RAAB) tahun 2014-2016.

"Indonesia tingkat kebutaan masih tertinggi, karena faktor cuaca tropis. Setiap harinya mata kita terkena paparan sinar matahari,  selain itu faktor usia menjadi penyebab katarak dialami oleh seseorang ketika menginjak usia 50 tahunan. Bahkan tidak menutup kemungkinan anak-anak juga bisa terkena katarak," kata Dr Emma Rusmayani, ketua panitia Bakti Katarak 2019 saat ditemui Beritasatu.com, Sabtu (12/10/2019).

Menyingkapi masih tingginya tingkat kebutaan di Indonesia, Jakarta Eye Center (JEC) mengadakan bakti sosial berupa operasi gratis katarak kepada 85 peserta dan pemberian kacamata gratis kepada 50 anak yang membutuhkan. Kegiatan bakti sosial diadakan dalam rangka hari pengelihatan dunia yang diperingati setiap tanggal 10 Oktober. JEC dibantu dengan PT Bukaka Teknik Utama Tbk untuk melakukan bakti sosial di 3 tempat yaitu Cinere, Cibubur, dan Bekasi secara serentak.

Achmad Kalla pendiri PT Bukaka Teknik Utama Tbk mengatakan, kegiatan bakti sosial merupakan bukti keterlibatan diri dalam kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat, khususnya membantu mereka yang kurang mampu secara finansial untuk melakukan cek kesehatan mata. Kegiatan ini sekaligus merupakan komitmen JEC yang mendukung program pemerintah Bebas Buta Katarak 2020.

"Kami sangat senang bisa ambil bagian kegiatan Bakti Katarak dengan memfasilitasi warga kurang mampu dari sekitar klinik JEC dan lokasi pabrik Bukaka. Keterlibatan Bukaka ini juga merupakan ungkapan syukur ulang tahun ke 41 tahun," kata Achmad Kalla saat ditemui Beritasatu.com.

Tidak hanya bakti sosial, kegiatan Bakti Katarak 2019 juga akan diisi dengan JEC Fun Walk di area car free day di Sudirman-Thamrin pada Minggu (27/10/2019). Sepanjang acara Fun Walk keluarga besar JEC akan melakukan edukasi mengenai pentingnya kesehatan mata dan cara mencegah gangguan pada pengelihatan. Kedua kegiatan tersebut merupakan bukti jika JEC peduli terhadap kondisi kesehatan mata di Indonesia yang masih perlu perhatian khusus.



Sumber: Suara Pembaruan