Pahami Emosi untuk Beranjak dari Perasaan Berduka

Pahami Emosi untuk Beranjak dari Perasaan Berduka
Ilustrasi sedih. ( Foto: Times of India )
Winda Ayu Larasati / WIN Rabu, 23 Oktober 2019 | 16:50 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Berduka merupakan respons alami tubuh ketika kita mengalami kehilangan yang penting dalam hidup kita. Hal ini dapat menimbulkan emosi sedih dan kesepian. Untuk pulih dari kondisi ini, kita akan mengalami beberapa tahap.

Seseorang yang berduka dan terjebak pada tahapan depresi akan merasa kesepian, sedih dan penuh penyesalan. Tidur akan terganggu, nafsu makan menurun, kehidupan sosial berubah dan aktivitas lain terhambat.

Mayo Clinic mengatakan depresi tanpa perawatan dapat membuat kesehatan seseorang menurun. Nyeri tubuh dan masalah pencernaan akan sering terjadi. Hubungan dengan keluarga, pasangan, teman dan rekan kerja pun bisa terganggu.

Namun, kehidupan terus berjalan, dan Anda yang tengah mengalami perasaan duka dapat beranjak dari keadaan tersebut dengan melalui beberapa tahap.

Memahami emosi di dalam diri untuk bisa menerima kenyataan dan mencari dukungan agar bisa move up dari keadaan.

Memang tidak ada aturan yang pasti dan waktu yang jelas untuk masa pemulihan diri atas perasaan duka. Hal ini bergantung dengan kepribadian, usia, kepercayaan dan orang yang memberikan dukungan terhadap Anda.

Kehilangan seseorang yang berarti memang menjadi duka yang dalam bagi kita. Bila Anda merasakan kesedihan yang berlarut disertai gejala lain yang dapat mengganggu aktivitas, segera konsultasikan ke dokter atau psikolog.



Sumber: Hellosehat.com