First Media Berikan Ambulans untuk RS St.Antonius Jopu, Ende, NTT

First Media Berikan Ambulans untuk RS St.Antonius Jopu, Ende, NTT
Presiden Direktur & CEO PT Link Net Tbk (First Media) Marlo Budiman (kiri) memberikan bantuan satu unit mobil ambulans kepada Direktur RS.St.Antonius Jopu, Ende, NTT, dr.Maria Goretti Aran dan Uskup Agung Ende Mgr.Vincentius Sensi Potokota di Gedung Beritasatu Plaza, Jakarta, Minggu (17/11/2019). ( Foto: Investor Daily / Mardiana Makmun )
Mardiana Makmun / MAR Minggu, 17 November 2019 | 18:03 WIB

JAKARTA, Beritasatu.com – Direktur RS St.Antonius Jopu, Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) dr.Maria Goretti Aran dan Mgr Vincentius Sensi Potokota, Pr Uskup Agung Ende sangat gembira. Minggu sore (17/11/2019), keduanya menerima bantuan satu unit mobil ambulans lengkap dengan tandu, dari PT.Link Net Tbk dengan brand First Media. Bantuan diberikan sebagai bagian program CSR ‘First Happiness #ShareTogetherness’.

“Suatu kebahagiaan bagi kami sebagai Uskup di gereja di Ende, NTT, menerima bantuan mobil ambulans. Semoga ini dapat membantu meningkatkan pelayanan rumah sakit kepada masyarakat Jopu, Ende, NTT,” kata Uskup Mgr.Vincentius di halaman Gedung Beritasatu Plaza, Jakarta, Minggu (17/11/2019).

Pada kesempatan yang sama, Sr. Clarina – CIJ, Ketua Yayasan Efata Ende mengatakan, bersyukur dan mengucapkan terima kasih atas pemberian ambulans. “Semoga kedepannya kegiatan ini bisa terus berlangsung, baik melalui First Media maupun perusahaan lainnya untuk terus berkontribusi bagi kesehatan masyarakat NTT,” kata Sr.Clarina.

Penyerahan ambulans dilakukan oleh Presiden Direktur & CEO PT Link Net Tbk (First Media) Marlo Budiman kepada Sr. Clarina – CIJ, Ketua Yayasan Efata Ende dan dihadiri oleh Mgr Vincentius Sensi Potokota, Pr Uskup Agung Ende dan Tikna Goenawan Lukita, Ketua Yayasan Sinlui PanGa.

“Program CSR (corporate social responsibility) ini First Media lakukan untuk memberikan dampak positif kepada masyarakat Indonesia. Hari ini kami memberikan bantuan berupan satu mobil ambulans kepada RS.St. Antonius Jopu di Kabupaten Ende, NTT,” kata Marlo Budiman kepada Investor Daily.

Desa Jopu di Ende, NTT, kata Marlo Budiman, dipilih karena karena sangat membutuhkan ambulans untuk melayani kesehatan masyarakat. “Inisiatif ini kami lakukan karena pembangunan di NTT, khususnya kesehatan di Desa Jopu yang jaraknya 3-4 jam dari Kta Ende, masih sangat membutuhkan bantuan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat Jopu,” lanjut Marlo.

Minim Fasilitas

Direktur RS.St. Antonius Jopu, dr.Maria Goretti Aran mengungkapkan sangat membutuhkan tambahan mobil ambulans. “Sebelumnya RS.St.Antonius Jopu sudah punya satu ambulans. Tetapi itu masih kurang karena kalau ada pasien yang butuh dijemput, sedangkan mobil ambulans sedang pergi membawa pasien untuk dirujuk ke Kota Ende, terpaksa harus bergantian,” ungkap dr.Maria.

Dengan tambahan satu unit ambulans, dr.Maria berharap, pasien kebidanan, bedah, dan penyakit dalam yang membutuhkan pertolongan dengan cepat, dapat diselamatkan. “Kalau ada pasien yang harus cepat dirujuk dan dibawa ke RS di Kota Ende, dengan tambahan ambulans ini, bisa cepat dilakukan,” ungkap dr.Maria gembira.

Secara umum, kata dr.Heru Cahyo, dokter PTT asal Jakarta yang memilih bertugas di RS.St.Antonius Jopu, selain fasilitas kesehatan yang minim, kesadaran kesehatan masyarakat di Jopu masih sangat rendah.

“Edukasi dan kesadaran kesehatan masih sangat kurang. Kalau sakit, mereka umumnya percaya karena santet dan memilih berobat ke dukun. Dokter hanya menerima rujukan dari dukun bila setelah diobati tidak juga sembuh. Ini tantangan berat bagi dokter-dokter yang bertugas di sana. Tapi saya jatuh cinta pada Jopu dan setelah menyelesaikan pendidikan spesialis penyakit dalam, saya akan kembali ke RS.St.Antonius Jopu,” cerita dr.Heru Cahyo.

First Media terus menerapkan kegiatan CSR terbaik dengan berbagai program yang dimiliki dimana Perseroan telah berkontribusi dalam kampanye anti-narkoba, penyiaran saluran televisi pemerintah melalui channel Balai Kota, layanan Free WiFi, beasiswa, donor darah, dan lainnya. Kegiatan CSR yang dilakukan merupakan upaya Perseroan dalam memberikan kontribusi terhadap pembangunan yang berkelanjutan dengan memberikan manfaat ekonomi, sosial dan lingkungan bagi seluruh pemangku kepentingan.

“Beirkutnya, kami akan melakukan bakti sosial kesehatan di Jopu, Ende NTT dengan memberikan bantuan obat-obatan,” tandas Marlo.



Sumber: Investor Daily