Mendagri Tegaskan Masalah Stunting Harus Segera Diselesaikan

Mendagri Tegaskan Masalah Stunting Harus Segera Diselesaikan
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian saat mengikuti rapat kerja dengan Komite I DPD di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 18 November 2019. ( Foto: ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto )
Carlos KY / CAH Rabu, 20 November 2019 | 10:39 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menegaskan, stunting merupakan permasalahan bersama. Menurut Tito, stunting harus segera diselesaikan melalui kerja sama kementerian/ lembaga, termasuk pemerintah daerah.

“Kita sekarang mendapatkan bonus demografi angkatan kerja yang besar, tapi angkatan kerja yang besar ini harus unggul, sehat, profesional. Percuma kita punya angkatan kerja besar nanti dia tidak sehat, tidak terlatih, tidak profesional,” kata Tito dalam siaran pers, Rabu (20/11/2019).

Hal itu disampaikan Tito usai menghadiri acara Penghargaan Swasti Saba Kabupaten/Kota Tahun 2019 di Sasana Bhakti Praja Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri), Jakarta, Selasa (19/11/2019), 

Tito menyatakan, pengentasan stunting sepatutnya didukung seluruh pihak lewat program-program kolaborasi dengan berbagai elemen masyarakat, termasuk PKK. Kementerian Kesehatan, Kementerian Perlindungan Anak dan Perempuan, Kementerian Sosial, Kemdagri, dan pemda harus segera mendeteksi dan memetakan daerah-daerah yang rawan terjadi fenomena stunting.

“Desa mana saja. Setelah itu diserbu dengan program-program dari pemerintah baik pusat maupun daerah secara kolaboratif termasuk ibu-ibu PKK, Ibu Bhayangkari, Ibu Dharma Pertiwi TNI, semua kita bergerak untuk itu, sudah jalan tapi perlu lebih sistematis lagi,” ucap Tito. 

 



Sumber: Suara Pembaruan