JEC Eye Hospitals Beri Edukasi Pasien Diabetes

JEC Eye Hospitals Beri Edukasi Pasien Diabetes
Seminar publik bagi penderita diabetes dan keluarga yang digelar JEC Eye Hospitals and Clinics di Jakarta, Sabtu, 23 November 2019. (Foto: Istimewa)
Anselmus Bata / AB Sabtu, 23 November 2019 | 19:26 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - JEC Eye Hospitals & Clinics memberi edukasi kepada penderita diabetes dan keluarga melalui layanan diabetes education and care. Edukasi, antara lain dilakukan lewat seminar buat publik yang digelar hari ini serta seminar bagi para dokter yang akan dilakukan pada Sabtu (30/11/2019) dan Minggu (1/12/2019).

Dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Sabtu (23/11/2019), dokter Martin Hertanto dari JEC menyatakan kegiatan seminar publik diharapkan dapat meningkatkan pemahaman tentang diabetes kepada masyarakat.

"Kami berharap seminar ini dapat membantu masyarakat melakukan tindakan preventif sejak dini terhadap dampak diabetes, terutama pada fungsi penglihatan seperti retinopati diabetik,” kata Martin.

Dikatakan, diabetes berdampak serius terhadap kesehatan penderita karena dapat merusak fungsi berbagai organ tubuh. Salah satunya adalah kerusakan pada retina mata yang dikenal sebagai retinopati diabetik. Retinopati diabetik akan semakin bertambah parah dan dapat menyebabkan hilangnya fungsi penglihatan secara permanen atau kebutaan apabila terlambat ditangani.

"Pasien harus mendapat layanan diabetes yang kompeherensif, mulai dari pengontrolan gizi hingga kesehatan mata. Pasien dengan keluhan penurunan penglihatan dapat dideteksi sejak awal, sehingga dapat diambil tindakan dini sebelum kehilangan fungsi penglihatan," ujarnya.

Dalam layanan education and care, lanjutnya, tersedia konsultasi dengan dokter spesialis mata khusus retina atau saraf mata dan dokter spesialis ilmu penyakit dalam, edukasi gizi, serta ruang perawatan kaki.

 

 

 

 

 

 

 



Sumber: BeritaSatu.com