Peran Penting Keluarga dalam Pencegahan dan Penanganan Diabetes

Peran Penting Keluarga dalam Pencegahan dan Penanganan Diabetes
Memperingati Hari Diabetes Dunia dan Bulan Kesadaran Diabetes Dunia, Merck Sharp Dohme (MSD) Indonesia bersama dengan Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (Perkeni), Persatuan Diabetes Indonesia (Persadia) Wilayah Jakarta, Bogor, Bekasi, Depok, dan MRT Jakarta, bersama-sama melaksanakan kampanye #LindungiKeluargadariDiabetes. (Foto: Beritasatu Photo / Istimewa)
Indah Handayani / FER Selasa, 26 November 2019 | 15:41 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Diabetes merupakan salah satu penyakit kronis yang umum diderita di Indonesia. Indonesia menduduki peringkat ke-7 penyandang diabetes terbanyak di dunia dengan jumlah 10,7 juta. Angka ini diperkirakan akan meningkat pada tahun 2045 menjadi 16,6 juta penyandang.

Pemda Wajib Lakukan Deteksi Dini Diabetes

Selain itu, lndonesia juga menduduki peringkat ketiga penyandang Toleransi Glukosa Terganggu atau Prediabetes terbanyak dengan jumlah 29,1 juta pada 2019. Diperkirakan akan meningkat menjadi 35,7 juta pada 2045, yang mengindikasikan semakin tingginya paparan risiko diabetes di Indonesia, khususnya Diabetes Tipe 27.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam dan Konsultan Endokrin Metabolik Diabetes di Perkumpulan Endokronologi lndonesia, Prof Dr dr Sidartawan Soegondo Sp PD-KEMD FACE, mengatakan, keluarga berperan penting dalam mendeteksi, mencegah dan melakukan penanganan terhadap anggota keluarga dengan diabetes tipe 2.

"Dalam deteksi, peran keluarga adalah mengetahui gejala dan ciri diabetes untuk mempercepat penanganan dan mencegah komplikasi," ungkap Prof Sidartawan di Jakarta, Selasa (26/11/2019).

JEC Eye Hospitals Beri Edukasi Pasien Diabetes

Prof Sidartawan menjelaskan, pada diabetes tipe 1 yang jika tidak dideteksi dini dapat menyebabkan disabilitas dan menimbulkan kematian. Dalam pencegahan diabetes tipe 2, keluarga berperan dalam memahami faktor risiko dan meningkatkan gaya hidup sehat.

"Dalam penanganan diabetes, keluarga sangat berperan dalam memastikan pengobatan, pemeriksaan kesehatan, gaya hidup sehat dan edukasi akan dijalankan terus menerus," paparnya.

Managing Director MSD lndonesia, George Zaki, menambahkan, sebagai mitra resmi dari International Diabetes Federation (IDF), pihaknya berkomitmen untuk terus mendukung upaya peningkatan kesadaran terhadap diabetes.

"Dengan kampanye #LindungiKeluargadariDiabetes, kami berharap masyarakat semakin menyadari pentingnya peran keiuarga dalam hal deteksi, pencegahan, dan penanganan diabetes," kata George.

Aktivitas Fisik Rutin Bantu Hindari Penyakit Berbahaya

Kampanye ini, lanjut George, sejalan dengan tema besar kampanye Hari Diabetes Dunia 2019 yang diusung oleh International Diabetes Federation (IDF), Protect Your Family, dengan fokus utama deteksi diabetes, cegah diabetes tipe 2, dan penanganan diabetes anggota keluarga dengan diabetes.

"Kampanye #LindungiKeluargadariDiabetes bertujuan untuk mengajak seluruh keluarga di Indonesia untuk mengetahui risiko diabetes dan meningkatkan kesadaran dari pengaruh diabetes terhadap pasien dan keluarga serta mendorong peran aktif keluarga dalam penanganan, pencegahan, dan edukasi mengenai diabetes," tandas George.



Sumber: Investor Daily