Layanan MCS Mudahkan Peserta BPJS Kesehatan

Layanan MCS Mudahkan Peserta BPJS Kesehatan
Warga Depok antusias memanfaatkan layanan Mobile Customer Service BPJS Kesehatan. (Foto: Beritasatu.com / Bhakti Hariani)
Bhakti Hariani / FER Selasa, 10 Desember 2019 | 18:53 WIB

Depok, Beritasatu.com - Dalam rangka memberikan kemudahan kepada masyarakat terkait layanan Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan melakukan jemput bola melalui program Mobile Customer Service (MCS).

#BPJSJemputBola Jadi Trending di Jagat Medsos

MCS merupakan titik layanan berupa mobil yang dilengkapi dengan infrastruktur pendukung operasional pelayanan peserta untuk pendaftaran, perubahan data, cetak kartu dan pemberian informasi dan penanganan pengaduan.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Depok, Irfan Qadarusman, mengungkapkan, kehadiran MCS akan semakin mendekatkan dan meningkatkan pelayanan BPJS Kesehatan kepada masyarakat. Diharapkan, masyarakat semakin mudah dalam mengurus hal-hal yang berkaitan dengan program JKN-KIS.

"Aktivitas Mobile Customer Service dilaksanakan setiap hari kerja maupun hari libur (sesuai kebutuhan) dengan sasaran pasar, desa/ kelurahan/ kecamatan. MCS ini juga mendatangi puskesmas-puskesmas di Kota Depok, serta mall yang terafiliasi dalam Grup Lippo yakni Depok Town Square dan Cimanggis Square," ujar Irfan dalam sesi Ngopi bareng JKN KIS Cabang Depok di Warung Pasta, Jalan Margonda Raya, Kota Depok, Jawa Barat, Selasa (10/12/2019).

Mobile Customer Service BPJS Kesehatan

Presiden Sebut Sudah Temukan Cara Atasi Defisit BPJS Kesehatan

Irfan mengungkapkan, jenis layanan yang dapat diberikan dalam MCS yaitu pertama pertama pelayanan cepat (fast track) diantaranya pendaftaran baru Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja (BP), penambahan anggota keluarga PBPU dan BP, pendaftaran Pekerja Penerima Upah Penyelenggara Negara (PPU PN) baik secara kolektif maupun individu, dan pendaftaran pekerja yang badan usahanya belum mendaftar.

Kedua, pelayanan perubahan data, cetak kartu dan pembayaran iuran seperti perubahan data Peserta Bantuan Iuran (PBI), perubahan data PPU PN, perubahan identitas peserta, perubahan FKTP, perubahan kelas rawat, perubahan status kepesertaan, perubahan nomor handphone dan email, mutasi kurang data anggota keluarga PBPU, penggantian kartu lama, hilang/rusak, perbaikan data ganda, pembayaran iuran, penonaktifan dan pengaktifan kembali WNI di luar negeri. Ketiga, layanan pemberian informasi dan penanganan pengaduan.

"Keberadaan MCS membuat masyarakat tidak perlu repot ke kantor BPJS Kesehatan. Karena semua urusan-urusan terkait JKN-KIS bisa dilakukan melalui Mobile Customer Service. Sehingga akan lebih hemat waktu, biaya, dan tenaga," papar Irfan.

Layanan MCS sendiri menggunakan mobil jenis Suzuki APV. Meski baru tersedia satu unit, namun diharapkan dapat bermanfaat maksimal untuk melayani warga Depok. MCS juga memiliki standar pelayanan sehingga warga yang mengantre tidak memakan waktu lama.

Irfan mengungkapkan, untuk pelayanan peserta baru misalnya hanya membutuhkan waktu empat menit. Perubahan data baik yang ingin berganti fasilitas kesehatan atau berpindah kelas hanya membutuhkan waktu tujuh menit. "Sejauh ini standar pelayanan waktunya semua dapat tercapai," kata Irfan.



Sumber: Suara Pembaruan