BPOM Tegaskan Nata De Coco Termasuk Jenis Pangan

BPOM Tegaskan Nata De Coco Termasuk Jenis Pangan
Konferensi pers dan diskusi Kebaikan Nata De Coco Kelapa Indonesia di Harris Hotel FX Senayan, Jakarta Pusat, Senin (16/12/2019). (Foto: Beritasatu Photo / Istimewa)
Feriawan Hidayat / FER Senin, 16 Desember 2019 | 21:42 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Beberapa waktu belakangan ini, banyak tersebar video hoax terkait soal bahaya nata de coco. Unggahan tersebut menyebutkan, makanan kenyal tersebut mengandung plastik.

Industri Pengolahan Kelapa di Indonesia Masih Prospektif

Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia (GAPMMI), menyatakan isi dari video tersebut adalah tidak benar dan mengandung informasi yang salah.

Ketua Regulasi dan Teknis Pangan GAPMMI, Susana, mengatakan, pihaknya sangat menyayangkan bahwa video itu dibuat maupun diunggah oleh berbagai kalangan masyarakat, baik dari kalangan bawah hingga atas, baik laki-laki maupun perempuan dari berbagai macam latar belakang profesi.

"Dan juga disebarluaskan oleh berbagai kalangan. Hal ini menunjukkan bahwa masih diperlukannya edukasi yang baik bagi masyarakat,” ujar Susana di Jakarta, Senin (16/12/2019).

Susana mengatakan, sesuai visi GAPMMI yang memperjuangkan terciptanya iklim usaha yang kondusif bagi industri makanan dan minuman melalui pengadaan produk pangan yang aman bagimasyarakat.

"GAPMMI menyelenggarakan diskusi ini yang bertujuan untuk mengklarifikasi video hoax yang tersebar sekaligus memberikan edukasi tentang nata de coco,” papar Susana.

Susana menambahkan, pihaknya mengapresiasi BPOM dan Kemkominfo karena cepat tanggap dalam mengklarifikasi terkait video hoax kepada masyarakat bahwa informasi yang beredar itu tidak benar.

"Saya mewakili GAPMMI mengajak masyarakat untuk menjadi konsumen cerdas, tidak mudah terpengaruh isu yang beredar di media sosial," ujar Susana.

Sementara itu, Direktur Pengawasan Pangan Olahan Resiko Rendah dan Sedang Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), Ema Setyawati, menegaskan, video tentang nata de coco yang beredar merupakan hoax.

"Nata de coco termasuk jenis pangan. Pasalnya, nata de coco ini asalnya dari kelapa, dan betul-betul makanan, bukan plastik seperti yang disebutkan dalam video hoax yang beredar di masyarakat,” tegas Ema.



Sumber: BeritaSatu.com