Komunitas Berperan sebagai Motor Penggerak Hidup Sehat

Komunitas Berperan sebagai Motor Penggerak Hidup Sehat
PT Sun Life Financial Indonesia mempertegas komitmennya untuk menanggulangi diabetes dengan kembali menyelenggarakan Sun Life Resolution Run 2020 pada 12 Januari 2020, bertempat di ICE BSD, Tangerang Selatan. ( Foto: Beritasatu Photo / Indah Handayani )
Indah Handayani / FER Selasa, 7 Januari 2020 | 16:09 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Perilaku sangat dipengaruhi oleh lingkungan terdekat, termasuk komunitas. Tak heran apabila komunitas dapat menjadi motor penggerak untuk hidup lebih sehat.

Baca: Keluarga Berperan Ciptakan Generasi Sadar Inklusivitas

Presiden Direktur PT Sun Life Financial Indonesia, Elin Waty, menyatakan, komunitas tempat tinggal dan bersosialisasi merefleksikan bagaimana diri pribadi, termasuk kondisi kesehatan yang mungkin dialami.

"Mempersiapkan komunitas yang peduli terhadap hidup sehat seperti pola makan seimbang dan aktif bergerak, menjadi langkah penting untuk menjaga kualitas kesehatan, serta mencegah penyebaran berbagai penyakit tidak menular, salah satunya diabetes," ungkap Elin Wati di Jakarta, Selasa (7/1/2020).

Sosiolog dari Universitas Indonesia (UI), Roby Muhamad PhD, juga menegaskan pentingnya peran komunitas dalam membiasakan pola hidup sehat.

"Dalam pengambilan keputusan termasuk penerapan pola hidup sehat, individu dipengaruhi kuat oleh micro environment di mana dirinya berada dan dengan siapa bergaul, seperti keluarga, sekolah, tempat kerja dan tempat tinggal," jelas Roby.

Baca: Aktivitas Fisik Rutin Kurangi Risiko Penyakit

Menurut Roby, karakter yang terbentuk pada micro environment ini dipengaruhi pula oleh macro environment berupa sistem edukasi, kebijakan pemerintah, perkembangan industri, teknologi, dan lain-lain.

"Riset di MIT menunjukkan, komunitas berperan sebagai pemantik semangat dalam pengadopsian gaya hidup dan perilaku sehat di tengah masyarakat. Akan sangat sulit menerapkan pola hidup sehat, ketika kita berada di lingkungan yang tidak sehat," tandas Roby.

 



Sumber: Investor Daily