Antisipasi Virus Korona, RSUP Adam Malik Bentuk Tim Khusus

Antisipasi Virus Korona, RSUP Adam Malik Bentuk Tim Khusus
Salah satu sarana pemeriksaan kesehatan di RSUP Adam Malik, Medan, Sumatera Utara. (Foto: RSUP Adam Malik)
Arnold H Sianturi / HA Jumat, 24 Januari 2020 | 00:11 WIB

Medan, Beritasatu.com - Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik Medan membentuk tim khusus penanganan pasien yang terjangkit virus korona. Tim medis ini langsung bekerja bila menerima rujukan pasien terinveksi virus korona dari Kantor Kesehatan Bandara Kualanamu maupun Pelabuhan Belawan.

"Tim khusus pihak medis yang sudah terbentuk ini bernama Pinere, merupakan singkatan dari penyakit infeksi new-emerging dan re-emerging. Ini khusus penanganan virus korona ," ujar Kepala Sub Bagian Humas RSUP Haji Adam Malik Medan, Rosario Dorothy Simanjuntak, Kamis (23/1/2020).

Anggota tim ini berasal dari berbagai bidang disiplin ilmu kedokteran, tetapi yang terbanyak dari spesialis penyakit dalam, imbuhnya. Pihak rumah sakit juga menyediakan ruangan khusus isolasi untuk pasien yang terinveksi virus korona tersebut.

"Tim ini sebetulnya sudah ada sejak lama, tugas mereka untuk selalu stand by menangani penyakit emerging seperti Mers-CoV, difteri dan lainnya," ujar Rosario. Hingga saat ini, belum ada pasien rujukan yang terinveksi virus tersebut.

Menurutnya, penanganan terhadap pasien sesuai mekanisme rujukan. Ppenumpang yang mendarat di Kualanamu maupun Belawan akan dibawa ke rumah sakit tersebut apabila memiliki suhu tubuh di atas 38 derajat Celsius berdasarkan alat ukur suhu tubuh yang terpasang di Bandara Kualanamu maupun Pelabuhan Belawan.

"Bila penumpang tersebut membawa virus emerging seperti korona, Mers-CoV, SARS atau lainnya, maka akan langsung dibawa ke RSUP Haji Adam Malik sebagai rumah sakit rujukan utama," sebutnya. 



Sumber: Suara Pembaruan