Ketua DPR: Masyarakat Jangan Panik akan Virus Korona

Ketua DPR: Masyarakat Jangan Panik akan Virus Korona
Ruangan isolasi infeksi khusus Kemuning di Rumah Sakit Dokter Hasan Sadikin (RSHS),Bandung, Jawa Barat. ( Foto: Antara )
Carlos KY Paath / FMB Senin, 27 Januari 2020 | 15:30 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Ketua DPR Puan Maharani berharap masyarakat tidak panik menyangkut wabah virus korona. Selain itu, menurut Puan, masyarakat perlu mengikuti prosedur pencegahan.

“Masyarakat jangan panik. Ikuti prosedur pencegahan dan penanganan yang disarankan petugas kesehatan,” kata Puan dalam keterangan pers yang diterima Beritasatu.com, Senin (27/1/2020).

Mantan menteri koordinator pembangunan manusia dan kebudayaan tersebut juga menyatakan, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemkes) sepatutnya membuat pernyataan tentang data sebenarnya. Hal ini penting untuk mengatasi kesimpangsiuran informasi.

“Supaya memberi keyakinan dan menunjukkan pada masyarakat bahwa pemerintah bekerja untuk mencegah masuknya virus korona,” ujar Puan.

Puan menegaskan, pemerintah harus meningkatkan kewaspadaan. “DPR meminta pemerintah meningkatkan kewaspadaan, tidak bertindak business as usual terhadap isu virus ini. Upaya pencegahan harus dimaksimalkan, termasuk memastikan persiapan maksimal alat dan tenaga medis kita,” tegas Puan.

Menurut Puan, Kemkes bersama instansi terkait perlu menjelaskan protokol-protokol pencegahan virus korona masuk ke wilayah Indonesia, termasuk penanggulangannya apabila virus itu sudah masuk. Pemerintah pun harus segera menyusun dan menyosialisasikan langkah-langkah pencegahan dan penanganan virus korona ke seluruh pemerintah daerah.

“Mengingat banyaknya warga/turis dari negara-negara yang sudah mengidentifikasi kasus virus korona, yang masuk ke daerah-daerah. Protokol pencegahan termasuk ditinjau apakah perlu atau dalam kondisi apa dianggap perlu ada larangan bagi warga atau orang yang baru mengunjungi Tiongkok agar dilarang masuk wilayah Indonesia untuk sementara,” kata Puan.



Sumber: Suara Pembaruan