Antisipasi Virus Korona, Kemkes Siapkan 21 Kapsul Evakuasi

Antisipasi Virus Korona, Kemkes Siapkan 21 Kapsul Evakuasi
Petugas di Bandara Soekarno-Hatta mengenakan masker saat menjalankan tugas di Terminal 3, Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin (27/1/2020). ( Foto: Suara Pembaruan / Ruht Semiono )
Lenny Tristia Tambun / FER Selasa, 28 Januari 2020 | 19:11 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Kesehatan (Menkes), Terawan Agus Putranto, mengatakan, pemerintah telah menyediakan 21 kapsul evakuasi di 19 titik pintu kedatangan, seperti bandara atau pelabuhan.

Kapsul evakuasi tersebut, akan digunakan untuk membawa pasien terduga idap virus Korona ke rumah sakit, untuk segera mendapatkan penanganan lebih lanjut.

"Kementerian akan siapkan semua sarana prasarana isolasi dan rumah sakit. Kita juga sudah siapkan 21 kapsul evakuasi yang ditempatkan di daerah-daerah untuk membawa pasien dari tempat pasien terduga idap virus Korona menuju rumah sakit untuk isolasi,” kata Terawan seusai Ratas di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (28/1/2020).

Menkes menyebutkan, 21 kapsul evakuasi ditempatkan di sejumlah pintu masuk ke Indonesia, tetapi diprioritaskan daerah-daerah yang punya kecenderungan tinggi masuknya penduduk Tiongkok. Diantaranya, Jakarta, Makassar dan Manado.

”Yang jelas semua pintu masuk kita berikan. Yang diprioritaskan daerah-daerah yang punya kecenderungan tinggi masuknya pendatang-pendatang dari Tiongkok. Yang jelas jakarta. Makassar saya lihat. Kan harus yang saya lihat. Manado, nanti tak lihat semua,” ujar Terawan.



Sumber: BeritaSatu.com