Ini Alasan Natuna Ditunjuk Jadi Karantina WNI dari Hubei

Ini Alasan Natuna Ditunjuk Jadi Karantina WNI dari Hubei
Para petugas rumah sakit mengenakan kacamata pelindung dan masker sedang bersiap untuk memeriksa tes darah yang diambil dari mahasiswa Indonesia yang baru kembali dari Tiongkok. Mahasiswa tersebut berada dalam karantina di sebuah rumah sakit di Banda Aceh pada 29 Januari 2020. (Foto: CHAIDEER MAHYUDDIN / AFP )
Thresa Sandra Desfika / FMB Sabtu, 1 Februari 2020 | 14:22 WIB

Tangerang, Beritasatu.com - Pemerintah menetapkan Natuna, Kepulauan Riau sebagai tempat transit sementara warga negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Provinsi Hubei, Tiongkok, karena kekhawatiran penyebaran virus korona.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menekankan,TNI mendukung proses pemulangan WNI dari Wuhan, Provinsi Hubei menuju Indonesia dengan memberikan sarana dan prasarana untuk mendukung protokoler kesehatan. Salah satunya adalah menyediakan tempat transit sementara atau karantina di Natuna.

"Protokol kesehatan di antaranya yang harus dipenuhi kita memiliki tempat isolasi yang jauh dari penduduk dan yang terbaik dan yang terpilih adalah wilayah Natuna," kata Hadi di Tangerang, Sabtu (1/2/2020).

Pemkab Tolak WNI dari Wuhan Diisolasi di Natuna

Menurut dia, Natuna adalah pangkalan militer yang memiliki fasilitas rumah sakit yang dikelola oleh tiga angkatan, yakni Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara. Kemudian, Natuna memiliki runway berdekatan dengan wilayah yang nantinya digunakan untuk isolasi sehingga nanti WNI yang dijemput bisa langsung masuk ke tempat penampungan mereka. Tempat penampungan mampu menampung sampai 300 orang yang dilengkapi seluruh kebutuhan MCK (mandi, cuci, kakus), termasuk dapur lapangan.

"Sedangkan jarak tempat penampungan ke tempat penduduk adalah sekitar 5-6 kilometer. Dari hasil penilaian memenuhi syarat untuk protokol kesehatan sehingga Natuna dipilih menjadi tempat transit sementara sampai dengan dinyatakan bebas bisa bertemu keluarga," papar Hadi.



Sumber: Investor Daily