4 Menteri Bersama Pimpinan Media Bahas Corona

4 Menteri Bersama Pimpinan Media Bahas Corona
Menkominfo Jhonny G Plate dan tiga menteri bersama para Pemred media massa menggelar pertemuan rutin bulanan di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (3/3/2020). ( Foto: Beritasatu Photo / Lenny Tristia Tambun )
Lenny Tristia Tambun / WBP Selasa, 3 Maret 2020 | 21:05 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Melihat pentingnya masalah virus corona yang sudah terjadi di Indonesia, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkoinfo) Jhonny G Plate bersama Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy menggelar pertemuan dengan para pemimpin redaksi (pemred) media massa untuk membahas penanganan Covid-19. Selain membahas Covid-19, pertemuan dengan Forum Pemred tersebut juga membicarakan masalah-masalah aktual yang terjadi di Tanah Air.

“Saya memahami dan mengerti masalah aktual saat ini yang terlintas di pikran kita adalah yang terkait Covid-19. Tapi sebetulnya masalah aktual bukan hanya Covid-19, yang menyangkut masalah kesehatan, tetapi juga terkait dengan masalah-masalah lainnya yang perlu kita berdiskusi,” kata Jhonny G Plate saat membuka pertemuan tersebut di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (3/3/2020) malam.

Baca juga: Kemkes: Dua Pasien Positif Corona Tak Lagi Pakai Selang Oksigen

Dengan diskusi, diharapkan semua pemred dapat memiliki persepsi dan alur informasi yang sama. Sehingga berbekal basis informasi yang sama, Forum Pemred dapat mentransmisikan informasi kepada masyarakat dengan tanggung jawab, memenuhi standar pers dan akuntabilitasnya terjaga dengan baik. “Serta melakukan cek, recek, dan crosscheck bisa kita lakukan,” ujar Jhonny G Plate.

Baca juga: Imbas Corona, Keanggotaan RI di Organisasi Anti-Pencucian Uang Tertunda

Secara khusus, Jhonny G Plate meminta maaf kepada wartawan, baik media cetak, online maupun elektronik yang telah hadir karena mendapatkan informasi bahwa pertemuan malam ini adalah konferensi pers tentang Covid-19 yang digelar oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

“Saya mohon maaf, apabila ada rekan-rekan wartawan yang mendapatkan informasi kalau malam ini ada konpers. Sebetulnya, yang benar bukan. Malam ini adalah diskusi dan makan malam terkait masalah-masalah aktual. Dan ini adalah bagian pertemuan rutin kita,” terang Jhonny G Plate.

Ia menegaskan pertemuan tersebut tertutup bagi wartawan. Karena itu, setelah ia memberikan sambutan, wartawan dipersilakan keluar, agar diskusi antara empat menteri dengan para pemred yang telah hadir dapat dilakukan dengan cair dan terbuka. “Tetapi karena masalah-masalah aktual itu nanti akan dibicarakan dan didiskusikan secara cair dan terbuka bersama-sama rekan-rekan pemred, tentu baru bisa disampaikan hasil pembicaraannya setelah diskusi ini selesai,” ungkap Jhonny G Plate.



Sumber: BeritaSatu.com