Logo BeritaSatu

Menkominfo: Media Harus Menjaga Kerahasiaan Pasien Positif Virus Corona

Rabu, 4 Maret 2020 | 01:11 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / AO

Jakarta, Beritasatu.com – Dalam pertemuan dengan Forum Pemimpin Redaksi (Pemred), Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Jhonny G Plate meminta agar media massa selalu menjaga kerahasian data pribadi dua pasien yang telah dinyatakan positif terjangkit virus corona jenis baru (Covid-19).

“Harus kita jaga bersama-sama etika komunikasi. Jangan sampai hak privat, kerahasiaan pasien, itu juga diberitakan,” kata Jhonny G Plate seusai bertemu dengan sejumlah pemimpin redaksi media massa di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (3/3/2020) malam.

Ia mencontohkan, ketika Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan dua WNI positif corona, tak berapa lama kemudian data terkait kedua pasien tersebut bocor ke tengah-tengah masyarakat. Publik menjadi tahu nama dan tempat tinggal keduanya yang berdomisili di Depok.

“Ini contoh yang terjadi. Ini pelajaran yang baik untuk tidak kita ulangi. Jaga betul etika komunikasi,” ujar Jhonny G Plate.

Selain itu, dalam pertemuan tersebut, media juga diminta untuk menangkal berita-berita bohong yang beredar di masyarakat. Selain merugikan diri sendiri, berita bohong juga merugikan keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara.

Apalagi, ujar Menkominfo, saat ini aparat kepolisian sudah mengambil langkah-langkah tegas untuk penindakan berita-berita bohong seputar virus corona dengan sanksi hukum pidana maupun sanksi denda.

Untuk menangkal berita dan informasi bohong itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) telah melakukan kerja sama dengan platform Facebook, Youtube, dan Twitter. Kemkominfo meminta ketiga platform sosial media ini untuk mencabut semua berita yang dikategorikan bohong (hoax) dan disinformasi.

“Pada saat yang sama, kami juga berkomunikasi dengan Polri untuk mengambil langkah-langkah sesuai dengan amanat undang-undang (UU) agar kita bersama-sama sukses mengawal dan menjaga serta menjadi perisai bangsa dan negara kita,” kata Jhonny G Plate.

Menkomifo mengatakan, diskusi bersama Forum Pemred merupakan acara untuk berbagi informasi untuk bersama-sama menjaga ruang publik. Tujuannya agar Indonesia bisa mengendalikan penyebaran Covid-19 dan media massa bisa menjadi perisai untuk bangsa dan negara.

“Tadi, kami sama-sama berdiskusi, Ibu Pertiwi memanggil kita semuanya untuk menjaga bangsa kita dari penyebaran lebih luas Covid-19. Begitu juga dari dampak Covid-19 yang memengaruhi perekonomian, politik, dan berbagai aspek kehidupan masyarakat,” kata Jhonny G Plate.

Ditegaskan, pesan Presiden Jokowi sangat jelas bahwa masyarakat tetap waspada tetapi tidak panik. Jangan melakukan tindakan yang mengakibatkan ketakutan, sebab pemerintah secara sungguh-sungguh, serius, terukur, dan mengambil kebijakan-kebijakan yang telah dibicarakan dan didiskusikan secara matang.

“Kesiapan pemerintah dan semua sumber yang ada di pemerintahan, semua digunakan. Baik rumah sakit, tersedianya paramedis, laboratorium, dan semua yang terkait dengan penanganan penyakit dari sisi medis,” papar Jhony G Plate.

Di sisi lain, pemerintah juga mengerahkan seluruh instrumen negara untuk mengambil langkah-langkah relaksasi kebijakan. Tujuannya agar dapat menjaga stabilitas perekonomian Indonesia juga menjaga sistem pembayaran yang ada di Indonesia.

“Jadi, pemerintah melakukan dengan sungguh-sungguh. Sekali lagi, pesan kita untuk bersama-sama bahwa jangan berbuat yang mengakibatkan masyarakat panik. Meski demikian, kita tetap harus waspada,” tegasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

KPK Jadwalkan Periksa Anggota DPR Fraksi PKB Sofyan Ali

KPK menjadwalkan memeriksa anggota DPR dari Fraksi PKB, Sofyan Ali terkait pengembangan kasus suap pembahasan RAPBD Provinsi Jambi. 

NEWS | 26 September 2022

DKI Tambah 1 Lagi Fasilitas Penyaringan Sampah pada 2023

DKI menambah satu lagi fasilitas penyaringan sampah sungai yang akan ditempatkan di Kali Pesanggrahan

NEWS | 26 September 2022

Baru 9 Tahun, Pangeran George Ditaksir Bakal Miliki Kekayaan Rp 15 Triliun

Pangeran George, putra sulung dari Pangeran William dan Kate Middleton yang baru berusia 9 tahun, ditaksir bakal memiliki kekayaan senilai US$ 1 miliar.

NEWS | 26 September 2022

Kasus Gubernur Papua Lukas Enembe, KPK Panggil 2 Saksi

KPK memanggil dua orang saksi dalam penyidikan kasus dugaan suap dan gratifikasi yang menjerat Gubernur Papua Lukas Enembe.

NEWS | 26 September 2022

Presiden Jokowi: Hormati Proses Hukum di KPK

Presiden Jokowi mengimbau Gubernur Papua Lukas Enembe menghormati proses hukum yang kini dijalaninya di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)

NEWS | 26 September 2022

500 Personel Gabungan Gerebek Lumpur di Kali Cideng

Sebanyak 500 personel gabungan diterjunkan dalam kegiatan gerebek lumpur yang dilakukan Sudin SDA Jakarta Pusat di Kali Cideng, Jakarta Pusat

NEWS | 26 September 2022

Raker Komisi I DPR dengan Menhan, Panglima TNI, dan Kasad Digelar Tertutup

Rapat kerja Komisi I DPR dengan Menhan Prabowo Subianto, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan Kasad Jenderal Dudung Abdurachman digelar secara tertutup.

NEWS | 26 September 2022

Jenderal Listyo Sigit Mutasi 30 Perwira ke Sejumlah Jabatan

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memutasi 30 perwira ke sejumlah jabatan di lingkungan Polri

NEWS | 26 September 2022

Dihalangi Pamdal DPR, Ketua IPW Batal Bersaksi di Sidang MKD

Ketua IPW Sugeng Teguh Santoso batal hadir dalam sidang MKD DPR karena dihalangi Pamdal DPR untuk masuk gedung DPR melalui pintu depan. 

NEWS | 26 September 2022

Kesalahan Mobilisasi, Otoritas Rusia Panggil Orang Tak Layak Jadi Tentara

Pihak berwenang Rusia pada Minggu (25/9/2022) berjanji untuk memperbaiki kesalahan mobilisasi untuk menjadi tentara yang ditugaskan ke Ukraina.

NEWS | 26 September 2022


TAG POPULER

# Iran


# Kudeta Tiongkok


# Guru Besar UGM Tergulung Ombak


# Xi Jinping


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
KPK Jadwalkan Periksa Anggota DPR Fraksi PKB Sofyan Ali

KPK Jadwalkan Periksa Anggota DPR Fraksi PKB Sofyan Ali

NEWS | 11 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings