Virus Corona dan Influenza Datang Bersamaan? Simak Antisipasinya

Virus Corona dan Influenza Datang Bersamaan? Simak Antisipasinya
Ilustrasi Anak-anak bermain hujan. ( Foto: Beritasatu Photo / Istimewa )
Feriawan Hidayat / FER Rabu, 11 Maret 2020 | 09:48 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Merebaknya wabah virus corona atau covid-19 akhir-akhir ini meresahkan berbagai pihak. Terlebih, jumlah pasien positif virus corona yang telah dirawat di Indonesia terus bertambah.

Baca: Kasus Positif Corona Bertambah, Ini Lima Strategi Pemerintah

Sejatinya, infeksi covid-19 yang menyerang saluran pernafasan memiliki kemiripan dengan gejala influenza. Pertanyaannya adalah, bagaimana membedakan influenza dengan covid-19?

Baik influenza maupun covid-19 disebabkan oleh virus yang menyerang saluran pernafasan. Namun, keduanya berasal dari golongan virus yang berbeda. Penyebab influenza pada manusia disebabkan oleh virus influenza A dan B, sedangkan covid-19 disebabkan oleh virus corona.

Dilihat dari gejalanya, keduanya sangat mirip sehingga sulit sekali dibedakan. Gejala awal umumnya berupa demam, bersin, batuk dan pilek. Pada kasus yang parah infeksi influenza maupun covid-19 dapat menjalar ke saluran nafas bawah, sehingga menimbulkan gejala sesak dan berkembang menjadi pneumonia.

Menurut dr Marlyn Cecilia Malonda SpA, baik virus covid-19 maupun influenza, salah satunya dapat teridentifikasi dari gejala pneumonia yang diderita oleh penderitanya. Walau sama-sama mengalami pneumonia, kedua penyakit tersebut tidak bisa dianggap penyakit yang sama.

Baca: Tangani Covid-19, Pemerintah Disarankan Libatkan RS Swasta

"Pneumonia karena corona virus dan influenza, serupa tapi tak sama. Dari gejalanya saja, kita agak susah membedakan. Karena awalnya itu berupa adanya demam, bersin, batuk kering, juga ada pilek," terang dr Marlyn kepada Beritasatu.com, di Jakarta, Rabu (11/3/2020).

Dokter Spesialis Anak Kiddiecare Clinic Alam Sutera ini menjelaskan, selain memiliki gejala yang serupa, penularan keduanya pun mirip. Kedua virus ini dapat ditularkan antar manusia yang memiliki kontak dekat ataupun melalui droplet yang disebarkan oleh penderita saat batuk maupun bersin dengan jarak 1-2 meter.

"Selain penularan antar manusia, diduga dapat terjadi penularan dari benda ke manusia. Misal dari benda-benda yang sering disentuh seperti pegangan pintu, tombol lift ataupun saklar lampu," papar dr Marlyn.

Menurut dr Marlyn, sebagai langkah pencegahan corona maupun influenza dapat diantisipasi dengan beberapa langkah yang tepat, diantaranya adalah dengan mempraktikkan hand hygiene dan respiratory hygiene yang baik dan benar.

Baca: Wabah Corona, Formula E di Jakarta Ditunda

"Contohnya, cuci tangan sesering mungkin dengan sabun dan air mengalir setidaknya selama 20 detik, hindari menyentuh mata, hidung dan mulut, dengan tangan yang tidak dicuci. Bila batuk ataupun bersin sebaiknya ditutup dengan masker ataupun tisu. Bersihkan dan disinfeksi benda serta permukaan yang sering disentuh," tandasnya.

Lebih lanjut, dr Marlyn mengatakan, hingga saat ini belum ditemukan vaksin untuk virus corona. Hal itu, berbeda dengan influenza yang dapat dicegah dengan vaksinasi.

"Meskipun pemberian vaksinasi influenza ataupun vaksin lain untuk sistem pernafasan dapat melindungi dari infeksi virus corona, tapi vaksinasi ini dapat meningkatkan sistem pertahanan tubuh, sehingga tubuh tidak mudah tertular oleh infeksi virus corona," tandasnya.

Menurut dr Marlyn, apabila tubuh mengalami infeksi influeza, maka risiko terkena penyakit lain termasuk covid-19 kemungkinannya semakin besar. Sebabnya, saluran napas sistem imunnya menurun karena terserang virus influenza.

Baca: Dampak Corona, Penerbangan di Bandara Soetta Turun 9%

"Oleh karena itu, vaksin influenza itu sangat penting. Hal ini direkomendasikan oleh WHO dan Ikatan Dokter Anak Indonesia dan juga Satgas Imunisasi Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI)," pungkas dr Marlyn.



Sumber: BeritaSatu.com