Tambah 21 Kasus, Total Positif Corona Jadi 117 Orang

Tambah 21 Kasus, Total Positif Corona Jadi 117 Orang
Achmad Yurianto. (Foto: Antara / Sigid Kurniawan)
Lenny Tristia Tambun / Dina Manafe / AB Minggu, 15 Maret 2020 | 14:28 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Corona Achmad Yurianto mengatakan per hari ini, Minggu (15/3/2020), kasus positif virus corona di Indonesia bertambah 21 kasus baru. Total jumlah kasus positif di Indonesia menjadi 117 orang dan empat di antaranya meninggal dunia.

“Hari ini kita mendapatkan 21 kasus baru, di mana 19 diantaranya ada di Jakarta dan dua kasus di Jawa Tengah. Kasus positif di Jakarta ini sebenarnya adalah pengembangan tracing dari kasus sebelumnya. Saya tidak akan menyebutkan satu per satu lagi, silakan dibuka di website kita, semua ada di sana,” kata Achmad Yurianto di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Minggu (15/3/2020).

Setelah diketahui hasil laboratorium pemeriksaan spesimen tersebut, maka pihaknya akan menyampaikan hasilnya kepada pihak rumah sakit yang merawat pasien tersebut. Kemudian, dokter bisa memberitahukan kepada pasien, apa penyakit yang dideritanya dan mengapa ia diisolasi.

“Ini adalah hak pasien untuk tahu penyakitnya. Kemudian dokternya juga harus menyampaikan ke Dinas Kesehatan setempat. Karena ini penting dalam konteks tracing,” ujar Achmad Yurianto.

Langkah selanjutnya, biasanya Dinas Kesehatan tersebut akan menyampaikan hasil laboratorium tersebut kepada kepala daerah masing-masing. Agar kepala daerah bisa mempublikasikan adanya kasus positif baru kepada warganya. “Tetap dengan menjaga etika, identitas pasien kasus positif tidak boleh dipublikasikan. Ini amanat dari undang-undang,” tegasnya.



Sumber: BeritaSatu.com