Prioritaskan Kesehatan Tanpa Perlu Takut Beraktivitas

Prioritaskan Kesehatan Tanpa Perlu Takut Beraktivitas
Pelanggan melakukan pemeriksaan mata di salah satu cabang Optik Tunggal. ( Foto: Beritasatu Photo / Istimewa )
Indah Handayani / FER Rabu, 18 Maret 2020 | 23:07 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Apa yang paling Anda takutkan saat ini? Pergi keluar rumah? Jika tangan menyentuh benda-benda di ruang publik? Atau takut berdekatan dengan orang yang menderita batuk dan pilek? Apa yang menyebabkan semua ini?

Baca Juga: Pasien Positif Virus Corona di Yogya Bertambah Satu

Tentu saja semua orang sudah tahu. Hal itu disebabkan munculnya virus corona atau kini disebut covid-19 oleh organisasi kesehatan dunia atau WHO (World Health Organization).

Ketakutan tersebut memang bukan tanpa sebab. Sejak kasus pertama muncul di Wuhan, Tiongkok pada akhir Desember 2019 lalu, penyakit ini memberikan efek domino yang begitu berat yang tidak hanya dirasakan di Asia tapi hingga merambah ke Eropa dan Amerika hanya dalam jangka waktu 3 bulan saja.

Chairman of Optik Tunggal, Alexander Kurniawan, mengatakan, tahun 2020 ini seperti mimpi buruk bagi Indonesia khususnya wilayah Jabodetabek. Setelah Tahun Baru lalu disambut dengan banjir yang menenggelamkan rumah dan kendaraan kini masyarakat kembali dihadapkan wabah penyakit virus corona yang bisa menular lewat cairan yang keluar dari hidung dan mulut.

"Terjadi kegiatan frontal bersih-bersih di area publik yang biasanya tidak pernah dilakukan seperti membersihkan alat dan perlengkapan umum, pemakaian masker, hand sanitizer, dan bahkan sekarang harus di cek suhu tubuh," ujar Alexander dalam keterangan persnya, Rabu (18/3/2020).

Baca Juga: Mengenal Virus Corona dan Pencegahannya

Alexander menjelaskan, aksi menjaga kebersihan yang dadakan dilakukan boleh beberapa instansi sebenarnya sangatlah baik dilakukan. Hanya saja, akan lebih baik lagi jika standar bersih-bersih ini sudah dilakukan dari dulu atau akan tetap dilakukan walau covid-19 ini sudah membaik. Alasannya, kebersihan adalah awal dari tubuh yang sehat.

"Selama 91 tahun berdiri, Optik Tunggal sudah dipercaya masyarakat Indonesia karena selalu menerapkan standar kebersihan yang tinggi," jelasnya.

Menurut Alexander, mata adalah organ tubuh yang paling sensitif, apabila ada kotoran sekecil apapun masuk ke dalam maka tubuh langsung tahu dan akan merasa sangat terganggu. Pihaknya sadar betul mata adalah aset utama dalam melakukan aktivitas. Apalagi, kacamata adalah alat bantu melihat yang diletakkan di wajah.

"Tak perlu khawatir lagi, hal ini bukan saja sekedar gimmick tapi sudah menjadi tradisi berpuluh-puluh tahun lamanya. Jangan biarkan covid-19 menjadi penghalang aktivitas. Kuncinya, tetap jaga kebersihan dan stay healthy,” tegasnya.



Sumber: BeritaSatu.com