Mahasiswa Fakultas Kedokteran Diminta Ikut Tangani Korban Corona

Mahasiswa Fakultas Kedokteran Diminta Ikut Tangani Korban Corona
Ilustrasi perawatan pasien positif "corona". ( Foto: Antara )
Maria Fatima Bona / AB Kamis, 19 Maret 2020 | 21:27 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara (Untar) Jakarta Meilani Kumala di Jakarta, Kamis (19/3/2020), mengatakan berdasarkan telekonferensi dengan Kemdikbud dan Asosiasi Institusi Pendidikan Kedokteran Indonesia (AIPKI), dokter dan mahasiswa fakultas kedokteran diminta membantu menangani korban virus corona.

Untuk itu, pihaknya melakukan inventarisasi alumni fakultas kedokteran yang sedang menunggu pemagangan, sehingga dapat terjun ke lapangan untuk menangani para korban. 

"Kami akan memobilisasi dokter sesuai permohonan Ditjen Dikti," katanya.

Pada kesempatan itu, Meilani berharap pemerintah dapat melengkapi para dokter yang bertugas menangani korban virus corona dilengkapi alat pelindung diri agar tidak menambah kasus corona di Indonesia.

Secara terpisah, Pelaksana Tugas Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Prof Nizam mengatakan dua rumah sakit pendidikan telah mendapat rekomendasi dari Kementerian Kesehatan (Kemkes) untuk menangani positif virus corona. Kedua rumah sakit itu milik Universitas Indonesia dan Universitas Airlangga.



Sumber: BeritaSatu.com