Dibutuhkan 1.500 Dokter dan 2.500 Perawat Relawan untuk Atasi Corona

Dibutuhkan 1.500 Dokter dan 2.500 Perawat Relawan untuk Atasi Corona
Paramedis menangani pasien terinfeksi virus "corona". ( Foto: AFP / Alberto Pizzoli )
Ari Supriyanti Rikin / IDS Kamis, 26 Maret 2020 | 16:24 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mengundang relawan menjadi bagian pejuang kemanusiaan. Dibutuhkan 1.500 dokter dan 2.500 perawat untuk menangani pandemi corona.

Koordinator relawan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Andre Rahadian mengatakan, 1.500 dokter itu terdiri dari dokter spesialis paru, anastesi, dan dokter umum.

Selain itu dibutuhkan pula pranata lab, bagian administrasi rumah sakit, dan supir ambulans.

"Semuanya dipanggil untuk persiapan kita menghadapi pandemi ini," katanya dalam telekonferensi dari Kantor BNPB, Jakarta, Kamis (26/3/2020).

Per hari ini, Gugus Tugas Nasional pun sudah membuka pendaftaran bagi siapa saja yang bertekad membantu. Pendaftaran bisa dilihat di situs Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Lebih lanjut, katanya, Gugus Tugas juga sudah bekerja sama dengan asosiasi, perguruan tinggi, dan lembaga swadaya manusia untuk bersama-sama mengajak relawan membantu penanganan pasien corona.

"Mahasiswa dan mahasiswa tingkat akhir juga kita libatkan di lapis kedua di bagian pencegahan dengan memberi konsultasi psikologis maupun medis melalui platform online," ucapnya.



Sumber: BeritaSatu.com