Imunitas dan Kebersihan, Kunci Utama Hadapi Virus Corona

Imunitas dan Kebersihan, Kunci Utama Hadapi Virus Corona
Ilustrasi senam. ( Foto: Antara )
Indah Handayani / FER Selasa, 31 Maret 2020 | 20:46 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Dunia tengah menghadapi ancaman kesehatan global yang disebabkan oleh penyebaran virus corona atau Covid-19.

Baca Juga: Cuci Tangan dengan Sabun Ampuh Bunuh Virus

Menjaga kesehatan tubuh dan lingkungan, serta membatasi aktivitas di luar rumah menjadi upaya pencegahan yang dipercaya mampu membantu menekan angka penyebaran virus corona.

Country General Manager Beko Indonesia, Ali Cagri Gonculer, mengatakan organisasi kesehatan dunia atau World Health Organization (WHO) dan pemerintah Indonesia telah mengeluarkan imbauan untuk menjaga kesehatan dan kebersihan, serta anjuran untuk tetap berada di rumah, sebagai langkah antisipasi guna mencegah penyebaran virus lebih luas.

"Kami percaya, langkah pencegahan ini akan semakin efektif, ketika didukung dengan beragam teknologi yang memudahkan masyarakat dalam menerapkan pola hidup yang lebih sehat. Semangat Live Like A Pro yang kami hadirkan, mengajak masyarakat untuk menjalani pola hidup sehat, guna melawan penyebaran virus dan penyakit berbahaya," kata Gonculer dalam keterangan persnya di Jakarta, Selasa (31/3/2020).

Baca Juga: Wabah Corona, Ini Tips Bikin Anak Betah di Rumah

Spesialis gizi klinik, dr Diana F Suganda MKes SpGK menjelaskan, virus merupakan makhluk hidup berukuran mikro atau bisa disebut mikroorganisme yang hanya bisa hidup jika memiliki inang, seperti manusia atau hewan. Pada saat virus menemukan inangnya, virus akan menjelajah masuk kedalam sel tubuh manusia dan dapat merusak sel tubuh. Di sinilah imunitas tubuh dibutuhkan.

"Imunitas atau sistem kekebalan berperan sebagai barrier yang berfungsi untuk menahan tubuh dari serangan berbagai virus. Jika sistem kekebalan tubuh kita baik, virus memang akan tetap ada di dalam tubuh kita, hanya saja virus tersebut bersifat dormant atau tertidur," jelas Diana.

Untuk memperkuat imunitas tubuh, kata Diana, harus disiplin dalam hal memilih asupan. Asupan yang baik bukan hanya dari buah dan sayur tetapi juga protein. Protein khususnya dibutuhkan untuk orang-orang yang ingin menaikan sistem kekebalan tubuhnya.

Baca Juga: Manfaatkan WFH untuk Menjaga Kebugaran

"Konsumsi sayuran, buah serta vitamin dan mineral tentu diperlukan. Hanya saja yang perlu diingat adalah untuk tetap menjaga konsumsi gizi secara seimbang.  Contohnya di dalam satu piring harus mencakup karbohidrat, protein hewani, protein nabati, vitamin dan mineral," tandas Diana.

 



Sumber: BeritaSatu.com