Gugus Tugas Covid-19 Terima Sumbangan Rp 80 Miliar dari Masyarakat

Gugus Tugas Covid-19 Terima Sumbangan Rp 80 Miliar dari Masyarakat
Achmad Yurianto. ( Foto: Antara / Akbar Nugroho Gumay )
Dina Manafe / CAH Selasa, 31 Maret 2020 | 21:19 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menerima sumbangan dari masyarakat senilai lebih dari Rp 80 miliar. Sumbangan ini akan dipakai untuk penanganan wabah virus corona (Covid-19).

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan, bantuan itu diterima melalui transfer di dua rekening. Rekening pertama Covid-19 masuk sebesar Rp 40 miliar dan rekening relawan gugus tugas juga sebesar Rp 40 miliar.

Baca JugaKasus Corona, Pemerintah Tetapkan Status Kedaruratan Kesehatan Masyarakat

“Secara transparan bantuan ini akan kami gunakan dengan tepat dan penuh tanggung jawab,” kata Achmad Yurianto dalam konferensi pers di Graha BNPB di Jakarta, Selasa (31/3/2020).

Menurut Yurianto, laporan keuangan dari sumbangan itu akan disampaikan secara terbuka melalui portal digital Covid-19 dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Baca JugaWabah Corona, Doni Monardo Minta Warga Sukarela Pinjamkan Rumah untuk Karantina

Sementara itu, pemerintah akan terus melakukan penelusuran kasus positif Covid-19 dengan mengumpulkan spesimen dan mengujinya. Sampai saat ini, menurut Yurianto, alat pelindung diri (APD) sudah didistribusikan sebanyak 191.000 ke seluruh rumah sakit yang menangani Covid-19.

Selain itu, sebanyak 12 juta masker bedah dan 133.000 masker N95 sudah didistribusikan kepada masyarakat. Ratusan ribu rapid test juga sudah dibagikan dan dilakukan skrining cepat, sehingga seluruhnya bisa dilakukan maksimal. 



Sumber: BeritaSatu.com