Siloam Buka Rumah Sakit Khusus Covid-19 di Lippo Plaza Mampang

Siloam Buka Rumah Sakit Khusus Covid-19 di Lippo Plaza Mampang
Seorang dokter berjalan di ruang perawatan intensif khusus pasien Covid-19 Rumah Sakit Siloam yang menempati area Lippo Plaza Mampang, Jl. Mampang Prapatan Raya, Jakarta Selatan, 30 Maret 2020. ( Foto: Jakarta Globe / Yudha Baskoro )
Yudha Baskoro / HA Rabu, 1 April 2020 | 16:32 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Siloam Hospitals telah mengubah sebagian area Lippo Plaza Mampang di Jalan Mampang Prapatan Raya, Jakarta Selatan, menjadi rumah sakit khusus pasien Covid-19, di saat kapasitas rumah sakit-rumah sakit pemerintah yang menjadi rujukan telah melampaui kapasitas mereka.

Pusat perbelanjaan di Mampang itu untuk sementara diliburkan, sesuai dengan imbauan pemerintah untuk membatasi kerumunan massa demi mencegah penyebaran virus corona di Indonesia.

Pekerja merakit tempat tidur di ruang rawat sementara khusus pasien Covid-19 Rumah Sakit Siloam yang menempati area Lippo Plaza Mampang, Jl. Mampang Prapatan Raya, Jakara Selatan, 30 Maret 2020.

Direktur Rumah Sakit Siloam Goei Sian Tjoei mengatakan fasilitas khusus pasien Covid-19 ini akan memiliki 415 tempat tidur begitu persiapan selesai dilakukan dalam waktu dekat.

Hari Senin (30/3/2020) lalu, fasilitas sementara itu sudah merampungkan ruang perawatan intensif dengan kapasitas 18 tempat tidur, ruang perawatan lanjutan dengan 10 tempat tidur, dan 30 ruang isolasi.

Petugas mempersiapkan alat perlindungan diri (APD) untuk tenaga medis yang bertugas di ruang perawatan khusus pasien Covid-19 Rumah Sakit Siloam yang menempati area Lippo Plaza Mampang, Jl. Mampang Prapatan Raya, Jakarta Selatan, 30 Maret 2020.

Setiap lantai yang ada di mal tersebut telah diubah menjadi ruang perawatan khusus pasien Covid-19.

Lantai pertama khusus untuk penanganan pasien dengan gejala ringan. Lantai dua dan tiga untuk ICU, ruang perawatan lanjutan, dan ruang isolasi.

Pengumuman penutupan sementara Lippo Plaza Mampang, Jl. Mampang Prapatan Raya, Jakarta Selatan, sesuai imbauan pemerintah untuk mencegah kerumunan orang saat wabah virus corona. Pusat perbelanjaan tersebut untuk sementara dijadikan ruang perawatan khusus pasien Covid-19 dikelola oleh Siloam Hospital.

Tenaga medis termasuk dokter, perawat, apoteker, dan petugas lab direkrut dari seluruh cabang Siloam di Indonesia.

Mereka akan tinggal untuk sementara waktu di sebuah apartemen dekat ruang perawatan tersebut sehingga bisa mendapat istirahat cukup dan kemudahan akses pulang-pergi.

Pekerja menurunkan alat bantu pernapasan atau ventilator untuk digunakan di ruang rawat sementara khusus pasien Covid-19 Rumah Sakit Siloam yang menempati area Lippo Plaza Mampang, Jl. Mampang Prapatan Raya, Jakara Selatan, 30 Maret 2020.

Siloam Hospitals bekerja sama dengan pemerintah dalam pengadaan peralatan medis untuk rumah sakit sementara ini.

Pembukaan rumah sakit sementara khusus pasien Covid-19 ini akan dilakukan segera setelah mendapatkan semua perizinan dari Dinas Kesehatan DKI.

Petugas mempelajari denah ruang rawat sementara khusus pasien Covid-19 Rumah Sakit Siloam yang menempati area Lippo Plaza Mampang, Jl. Mampang Prapatan Raya, Jakara Selatan, 30 Maret 2020.

Seorang petugas membawa perlengkapan di samping ruang perawatan sementara khusus pasien Covid-19 yang menempati area Lippo Plaza Mampang, Jl. Mampang Prapatan Raya, Jakara Selatan, dikelola oleh Rumah Sakit Siloam, 30 Maret 2020.

Dua petugas medis membenahi ruang farmasi di fasilitas perawatan khusus pasien Covid-19 sementara Rumah Sakit Siloam yang menempati area Lippo Plaza Mampang, Jl. Mampang Prapatan Raya, Jakara Selatan, 30 Maret 2020.

Petugas mendorong troli berisi kain dan sprei untuk ruang perawatan khusus pasien Covid-19 Rumah Sakit Siloam yang menempati area Lippo Plaza Mampang, Jl. Mampang Prapatan Raya, Jakarta Selatan, 30 Maret 2020.

Deretan tempat tidur di ruang rawat sementara khusus pasien Covid-19 Rumah Sakit Siloam yang menempati area Lippo Plaza Mampang, Jl. Mampang Prapatan Raya, Jakara Selatan, 30 Maret 2020.

Dua staf Rumah Sakit Siloam berdiri di ruang rawat sementara khusus pasien Covid-19 yang menempati area Lippo Plaza Mampang, Jl. Mampang Prapatan Raya, Jakara Selatan, 30 Maret 2020.



Sumber: BeritaSatu.com