Durasi Ideal Olahraga Saat Work From Home

Durasi Ideal Olahraga Saat Work From Home
Push-up menjadi salah satu latihan fisik terbaik yang bisa dilakukan di rumah.
Indah Handayani / FER Senin, 6 April 2020 | 17:01 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Berolahraga merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan di tengah menjalani work from home (WFH). Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan selama menjalankan olahraga tersebut. Salah satunya, tidak memforsir durasi dan intensitas olahraga.

Baca Juga: Cegah Covid-19 pada Anak dengan Pemberian Nutrisi

Nutrition Wellness Consultant Nutrifood, Moch Aldi Rusliladi mengungkapkan, saat pandemi wabah virus corona atau Covid-19 sebaiknya jangan memforsir porsi olahraga. Sebab, apabila itu dilakukan akan membuat imunitas tubuh menjadi turun.

"Untuk itu, tidak disarankan melakukan olahraga dengan intensitas tinggi. Sebab, intensitas tinggi akan menyebabkan otot mengalami pemecahan dan inflamasi kecil. Hal inilah yang akan menurunkan daya tahan tubuh selama 8 jam hingga 80 jam setelah berolahraga," ujar Aldis di Jakarta, Senin (6/4/2020).

Aldis menyarankan, lebih baik menjalankan olahraga dengan intensitas sedang. Misalnya saja dengan melakukan olahraga hanya berdurasi ideal atau sebanyak 30 menit hingga 45 menit. Terutama pada olahraga kardio.

Baca Juga: Tips Sehat Bekerja di Rumah Saat Wabah Corona

"Selain itu, bagi mereka yang biasanya berlahraga angkat beban atau latihan beban, sebaiknya selama pandemi ini kalau bisa tidak menggunakan alat. Kalaupun menggunakan, sebaiknya tidak menggunakan beban maksimal. Lebih baik menggunakan berat badan sendiri. Misalnya saja, push up, sit up, dan squad,” paparnya.

Menurut Aldis, ciri utama olahraga intensitas sedang adalah ketika berolahraga masih bisa diajak berbicara. Sedangkan untuk olahraga intensitas tinggi, sudah pasti tidak bisa diajak berbicara karena nafasnya sudah terengah-engah.

"Jenis olahraga dengan intensitas sedang yang bisa dilakukan adalah dengan yoga, naik turun tangga, jalan cepat, menari, atau dengan menggunakan beban badan. Bisa juga dengan memanfaatkan platform Youtube," paparnya.

Baca Juga: Bosan di Rumah? Yuk, Lakukan Latihan Ringan Ini

Untuk olahraga di luar rumah, tambah Aldis, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Misalnya saja lakukan sendirian, hindari kerumunan, jaga jarak minimal 1 meter, dan tidak bersentuhan.

"Saat berolahaga di luar rumah, gunakan selalu masker, dan perhatikan juga kondisi tubuh. Misalnya saja saat berlari sangat membutuhkan oksigen yang banyak. Sehingga, jika memakai masker dikhawatirkan akan kekurangan oksigen," tandas Aldis.

 



Sumber: BeritaSatu.com