Logo BeritaSatu
Apakah ibu hamil lebih berisiko tertular Covid-19?

Bagaimana Pengaruh Virus Corona pada Ibu Hamil

Selasa, 7 April 2020 | 19:00 WIB
Oleh : Claudia Ramadhani / CLA

Sampai saat ini, virus Corona baru atau SARS-CoV-2 masih terus menghampiri semua orang. Ini jelas mengkhawatirkan, terlebih bagi para wanita yang tengah hamil. Pasalnya, mereka tak hanya harus menyelamatkan diri mereka sendiri, melainkan juga bayi yang ada dalam kandungannya.

Meskipun banyak anggapan bahwa daya tahan tubuh ibu hamil biasanya lebih lemah daripada orang-orang lainnya, namun fakta penelitian menunjukkan hingga saat ini tak ada bukti yang memperkuat anggapan bahwa ibu hamil lebih rentan tertular virus Corona baru dibandingkan orang-orang lain yang tidak hamil.

Penelitian ini juga mengatakan bahwa virus Corona berbeda sifat dengan virus flu, di mana ibu hamil memang lebih rentan untuk tertular ketika di sekitarnya ada yang tengah mengalami flu. Selain itu, bagi ibu hamil yang telah positif Covid-19, belum ada bukti juga yang menunjukkan bahwa virus Corona dapat ditularkan ke janin.
Untuk lebih lengkapnya, berikut beberapa jawaban dari pertanyaan yang sering diajukan seputar virus Corona dan Covid-19:

1. Apa efek virus Corona pada ibu hamil?

Para ahli kesehatan menduga bahwa sebagian besar ibu hamil hanya akan mengalami gejala ringan, seperti pilek dan flu. Gejala parah seperti pneumonia dilaporkan pada orang tua, orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, dan orang-orang dengan riwayat penyakit jangka panjang.

2. Apakah Covid-19 menyebabkan masalah untuk kehamilan?

Menurut data dari studi dan penelitian, berbeda dengan flu, ibu hamil mungkin tidak memiliki risiko lebih tinggi untuk tertular SARS-CoV-2. Ini artinya, risiko ibu hamil untuk mengalami Covid-19 sama besarnya dengan orang-orang biasa yang tidak hamil. Belum ada laporan yang menunjukkan adanya kematian ibu hamil akibat infeksi virus Corona.
Oleh karena itu, sampai sekarang, belum ada bukti yang menunjukkan bahwa Covid-19 dapat menyebabkan masalah selama kehamilan atau memengaruhi kesehatan bayi setelah lahir.

3. Bisakah Covid-19 ditularkan dari ibu hamil ke janin atau bayi baru lahir?

Kasus flu berat pada ibu hamil justru lebih mengkhawatirkan dibandingkan dengan Covid-19. Pada tahap akhir kehamilan, fungsi organ banyak mengalami penurunan, termasuk paru-paru yang menjadi kurang mampu untuk mengedarkan udara, sehingga membuat ibu hamil rentan terhadap infeksi. Sebuah penelitian oleh Universitas Sains dan Teknologi Huazhong di China, mengamati empat wanita yang terinfeksi virus ketika mereka melahirkan empat bayi.

Hasilnya menunjukkan bahwa keempat wanita itu baru terinfeksi virus ketika mereka melahirkan. Sementara keempat bayi yang baru dilahirkan tetap dalam keadaan sehat, tanpa gejala Covid-19. Satu bayi memiliki masalah pernapasan ringan tetapi pulih dengan baik setelah beberapa hari perawatan. Dua memiliki ruam tetapi kemudian menghilang dalam 10 hari tanpa pengobatan. Ada tiga bayi yang dites untuk virus Corona dan hasilnya tidak ada dari mereka yang memiliki virus ini dalam tubuhnya.

4. Apa yang bisa saya lakukan untuk mengurangi risiko terinfeksi virus Corona?

Yang paling penting untuk dilakukan adalah mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir secara berkala, rutin membersihkan tubuh dan diri, mengonsumsi makanan bergizi, olahraga ringan secara rutin, tidur cukup dan ganti baju segera setelah Anda kembali dari tempat-tempat umum atau tempat kerja Anda.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Biden: Amerika Tak Bakal Takut Ocehan Putin

Biden juga menjamin bahwa Amerika tidak akan pernah mengakui wilayah pencaplokan di Ukraina sebagai bagian dari Rusia.

NEWS | 1 Oktober 2022

Resolusi PBB Bela Ukraina Langsung Diveto Rusia

Meskipun hanya Rusia yang menentang, tetapi dia adalah satu dari lima anggota tetap Dewan Keamanan yang punya hak veto.

NEWS | 1 Oktober 2022

Zelensky Minta Jalur Prioritas Jadi Anggota NATO

Jika Ukraina menjadi anggota NATO, maka negara-negara Barat termasuk Amerika Serikat bisa membelanya dalam perang melawan Rusia saat ini.

NEWS | 1 Oktober 2022

Poin-poin Pidato Putin Soal Pencaplokan 4 Wilayah Ukraina

Dalam pidatonya Putin menegaskan bahwa pencaplokan itu sudah permanen dan tidak bisa dinegosiasikan.

NEWS | 1 Oktober 2022

PKB dan Gerindra Tunggu Hari Baik Umumkan Capres-Cawapres

PKB dan Gerindra tinggal menunggu hari baik untuk mengumumkan capres dan cawapres yang akan mereka usung di Pilpres 2024.

NEWS | 1 Oktober 2022

Jumat Berkah, Sahabat Ganjar Salurkan Paket Sembako

Sahabat Ganjar, relawan Ganjar Pranowo, menggelar Jumat Berkah dengan menyalurkan bantuan di Kabupaten Wonogiri dan Kabupaten Soppeng.

NEWS | 1 Oktober 2022

Ketua MA Sebut Kasus Hakim Sudrajad Dimyati Momentum Perbaiki Kinerja Peradilan

Ketua Mahkamah Agung (MA), M Syarifuddin menyatakan kasus Sudrajad Dimyati yang dijerat KPK menjadi momentum untuk memperbaiki kinerja peradilan.

NEWS | 30 September 2022

Alasan Bawaslu Hentikan Laporan Dugaan Pelanggaran Kampanye Anies Baswedan

Anggota Bawaslu Puadi mengungkapkan alasan pihaknya menghentikan laporan dugaan pelanggaran kampanye Anies Baswedan terkait tabloid KBA Newspaper.

NEWS | 30 September 2022

KPK Ungkap Ada Pihak yang Bangun Opini agar Lukas Enembe Hindari Pemeriksaan

KPK mengungkapkan adanya pihak yang membangun opini agar Gubernur Papua, Lukas Enembe menghindari pemeriksaan sebagai tersangka. 

NEWS | 30 September 2022

Fadel Muhammad Akhirnya Laporkan La Nyalla ke Badan Kehormatan DPD

Wakil Ketua MPR dari unsur Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Fadel Muhammad akhirnya melaporkan Ketua DPD La Nyalla Mahmud Mattalliti ke BK DPD.

NEWS | 30 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Biden: Amerika Tak Bakal Takut Ocehan Putin

Biden: Amerika Tak Bakal Takut Ocehan Putin

NEWS | 43 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings