Doni Monardo: 90% Orang Terpapar Covid-19 dari Tangan

Doni Monardo: 90% Orang Terpapar Covid-19 dari Tangan
Doni Monardo. ( Foto: B1/Mohammad Defrizal )
Anselmus Bata / AB Kamis, 9 April 2020 | 14:01 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo menegaskan 90 persen penularan virus corona (Covid-19) melalui tangan. Pada umumnya orang terpapar corona setelah tangannya yang sudah mengandung virus menyentuh hidung, mulut, dan mata. 

Hal tersebut disampaikannya dalam wawancara khusus dengan BeritaSatu News Channel.

Untuk mencegah penularan lebih luas, Doni mendorong peran serta masyarakat, terutama kepala desa, lurah, serta ketua RW dan RT, menyosialisasikan cara penularan virus--sebagian besar lewat tangan yang menyentuh hidung, mulut, dan mata--kepada warganya, sekaligus upaya menghindari dan mencegahnya. 

"Peran kepala desa, lurah, RT dan RW, sangat penting untuk menjelaskan kepada masyarakat tentang cara penularan virus corona, serta cara menghindari dan mencegahnya," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Doni kembali mengimbau seluruh masyarakat agar disiplin menjalankan protokol kesehatan, khususnya saat berada di rumah atau di lingkungan RT dan RW. 

"Kalau disiplin mengikuti protokol kesehatan, risiko penularan bisa berkurang. Lakukan physical distancing yang intinya jaga jarak, jangan berdekatan, dan tidak boleh berkumpul. Mungkin di sekitar kita ada yang sudah tertular, tetapi tidak menunjukkan gejala. Kalau di sekitarnya ada orang yang punya penyakit penyerta, seperti diabetes, asma, atau darah tinggi, sangat berisiko tertular dan akan sangat fatal. Jangan sampai kita membahayakan orang lain. Informasi ini yang harus diketahui masyarakat," katanya. 

Pada kesempatan itu, Doni juga mengimbau masyarakat tidak panik dalam menghadapi pandemi Covid-19. Kepanikan akan membuat imunitas seseorang menurun, sehingga berisiko tertular virus corona.



Sumber: BeritaSatu.com