ARSSI: RS Terhambat Banyaknya Berkas untuk Ajukan Klaim Layanan Covid-19

ARSSI: RS Terhambat Banyaknya Berkas untuk Ajukan Klaim Layanan Covid-19
Ilustrasi perawatan di rumah sakit (Foto: Beritasatu Photo / Joanito De Saojoao)
Dina Manafe / IDS Rabu, 13 Mei 2020 | 09:17 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Kesehatan (Kemkes) meminta rumah sakit (RS) untuk segera mengajukan klaim layanan Covid-19. Saat ini jumlah RS yang mengajukan klaim terbilang masih sedikit.

Ketua Umum Asosiasi Rumah Sakit Swasta (ARSSI), Susi Setiawaty, mengatakan, Kemkes sudah membayar uang muka antara 40% hingga 50% dari total klaim setiap RS untuk pelayanan pasien Covid-19 pada bulan Maret. Namun belum semua RS mengajukan klaim. Salah satu faktor masih sedikit RS yang mengajukan klaim, menurut Susi, adalah RS masih menghadapi hambatan dalam menyiapkan kelengkapan berkas klaim.

“Salah satu kesulitan di berkas klaim. Karena pelayanan Covid-19 yang dapat diklaim berlaku mundur ke 28 Januari 2020, tentu berkas yang harus disiapkan banyak sekali,” kata Susi kepada Beritasatu, Selasa (12/5/2020) malam.

Menurut Susi, RS membutuhkan waktu untuk menyiapkan berkas tersebut secara bertahap. ARSSI sendiri sudah mendesak anggotanya untuk secepatnya mengajukan klaim ke Kemkes. Jumlah RS swasta sendiri sebanyak 1.837 atau 64% dari total RS di Indonesia 1.200 lebih.

Susi mengatakan, uang muka yang diberikan Kemkes sangat membantu cash flow RS. Ini merupakan dana segar untuk operasional tiap hari, seperti membayar gaji dan THR pegawai maupun tenaga kesehatan.

RS juga terkena imbas akibat wabah Covid-19. Terjadi penurunan hunian atau kunjungan pasien ke RS yang cukup drastis. Pada RS swasta di Jabodetabek, penurunan rawat jalan mencapai 60% sampai 70%, sedangkan rawat inap 40% sampai 50%. Menurunnya kunjungan pasien otomatis menyebabkan pendapatan RS juga merosot.

“Saat ini RS sangat membutukan uang tunai di tangan. Oleh karena itu, kami harapkan verifikasi oleh BPJS berjalan lancar, sehingga klaim RS lebih cepat dilunasi,” kata Susi.



Sumber: BeritaSatu.com