Tips Tingkatkan Imunitas ala Dokter Vito

Tips Tingkatkan Imunitas ala Dokter Vito
Dokter spesialis penyakit jantung dan pembuluh darah Siloam Hospitals Lippo Village, dr Vito Damay SpJP FIHA FICA mengedukasi masyarakat tentang penyakit jantung. ( Foto: Beritasatu Photo / Istimewa )
Dina Fitri Annisa / RSAT Kamis, 21 Mei 2020 | 09:50 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Berdamai dengan Covid-19 kini menjadi jalan tengah agar masyarakat dapat terus bisa produktif di kala pandemik. Keputusan yang mendasari Presiden Joko Widodo ini, agar roda perekonomian di Indonesia bisa terus bergerak. Dalam menyiapkan diri menyongsong pola kehidupan dan kebiasaan baru atau new normal, masyarakat diharap agar membekali diri dengan imunitas tubuh yang baik.

Saat dihubungi Beritasatu.com, Rabu (20/5/2020), Dr Vito Anggarino Damay memberikan beberapa tips mudah yang bisa dilakukan masyarakat untuk terus menjaga imunitas tubuhnya. Hal pertama yang ia sarankan adalah, membiasakan untuk mengatur waktu tidur yang sama setiap harinya.

“Kita perlu Istirahat cukup. Untuk dapat istirahat cukup harus tidur teratur sehingga perlu atur waktu yang sama untuk tidur agar jam bioritmik kita menyesuaikan diri. Hormon dan sitokin stres atau happiness dalam tubuh kita berperan dalam menjaga imunitas tubuh kita. Tentu ini akan jadi tantangan untuk pekerja shift atau piket malam. Tapi bagi Anda yang bisa, usahakan dapat tidur cukup dan teratur,” terangnya.

Saran ke dua mengacu pada asupan gizi yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. Dokter yang pernah menjadi delegasi Indonesia pada Asian Interventional Cardiovascular Therapeutics 2017 di Melbourne ini mengatakan bahwa, mengkonsumsi protein yang cukup dapat meningkatkan imunitas seseorang.

“Makan protein cukup mahal bagi sebagian orang, padahal protein adalah faktor pembentuk sel-sel kekebalan tubuh. Untuk itu, makan protein, yang hemat adalah dengan makan protein nabati. Bisa didapat dari kacang-kacangan, tahu, dan juga tempe,” ungkapnya.

Terakhir, tidak lupa dr Vito juga mengingatkan agar masyarakat Indonesia rajin melakukan olahraga secara rutin. Meski dalam keterbatasan karena PSBB, terdapat banyak macam olahraga yang bisa dilakukan di rumah. Seperti, mengangkat beban, push up, sit up, ataupun naik turun tangga.

“Olahraga yang teratur akan menjaga fungsi sirkulasi dan pompa darah dari jantung serta pembuluh darah kita sehingga sistim imunitas tubuh bekerja baik,” tukasnya.

 



Sumber: BeritaSatu.com