WHO Hentikan Klorokuin Sebagai Pengobatan Covid-19

WHO Hentikan Klorokuin Sebagai Pengobatan Covid-19
Petugas medis menunjukkan obat Chloroquine yang akan diserahkan kepada RSPI Sulianti Saroso di Jakarta, 21 Maret 2020. (Foto: Antara)
Feriawan Hidayat / FER Selasa, 26 Mei 2020 | 00:41 WIB

Jenewa, Beritasatu.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memutuskan untuk menghentikan tes uji klorokuin (hydroxychloriquine) sebagai pengobatan potensial terhadap pasien corona (Covid-19) karena alasan keamanan.

Baca Juga: Pemerintah Pesan Jutaan Obat Avigan dan Klorokuin

Hydroxychloroquine selama ini dikenal sebagai obat anti-malaria yang digunakan untuk mengendalikan penyakit autoimun seperti radang sendi dan lupus.

Sekretaris Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam konferensi virtual di Jenewa, Senin (25/5/2020) mengatakan, uji coba penggunaan klorokuin sebagai pengobatan virus corona telah dimulai sekitar dua bulan lalu.

Baca Juga: Klorokuin Bukan Obat Bebas untuk Virus Corona

Namun, temuan awal menunjukkan tingkat kematian yang lebih tinggi di antara pasien Covid-19 yang menerima pengobatan dengan menggunakan hydroxychloroquine dan chloroquine.

"Sekarang, akan ada jeda untuk percobaan penggunaan obat tersebut. Sementara, data keamanan akan ditinjau untuk mengevaluasi manfaat dan bahaya potensial dari obat itu," kata Tedros.

Baca Juga: Trump Klaim Minum Hidroksikloroquin Tiap Hari

Klorokuin dalam dua bulan terakhir telah dilihat sebagai pengobatan potensial untuk mengatasi pandemi virus corona.  Bahkan, Presiden Amerika Serikat (AS),  Donald Trump, mengakui menggunakan obat tersebut setiap hari.

 



Sumber: Metro