Masuki New Normal, Pelonggaran PSBB Dievaluasi Setiap Minggu

Masuki New Normal, Pelonggaran PSBB Dievaluasi Setiap Minggu
Presiden Joko Widodo didampingi Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (kanan) dan Kapolri Jenderal Pol Idham Aziz meninjau kesiapan penerapan prosedur standar New Normal di Stasiun MRT Bundaraan HI, Jakarta, Selasa, 26 Mei 2020. (Foto: Antara / Sigid Kurniawan)
Novy Lumanauw / WBP Selasa, 26 Mei 2020 | 14:50 WIB

Bekasi, Beritasatu.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, pemerintah akan mengevaluasi secara mingguan pelaksanaan penegakan protokol kesehatan yang melibatkan jajaran Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri).

Pemerintah memutuskan melakukan penegakan protokol kesehatan di empat provinsi dan 25 kabupaten/kota yang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Keempat provinsi itu adalah Sumatera Barat, DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Gorontalo.

“Kita ingin sekali lagi bisa masuk ke normal baru (new nomal) dan kita ingin muncul kesadaran yang kuat dan muncul kedisiplinan yang kuat sehingga RO bisa ditekan di bawah 1. Dan, ini akan kita lihat dalam satu minggu ini dampaknya seperti apa,” kata Presiden Jokowi meninjau kesiapan penerapan prosedur standar New Normal di Mal Summarecon Bekasi, Jawa Barat, Selasa (26/5/2020).

Baca juga: TNI-Polri Dikerahkan di 1.800 Titik Keramaian untuk Awasi Protokol Kesehatan

Presiden Jokowi tiba pada sekitar pukul 13.54 WIB disambut Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Polisi Idham Azis.

Setelah berdiskusi selama beberapa menit, Presiden memasuki mal untuk meninjau kesiapan penerapan prosedur standar New Normal di wilayah itu. Presiden Jokowi didampingi rombongan terbatas terlihat mengunjungi sejumlah gerai yang ada di mal itu.

Baca juga: Pelaku Usaha Sambut Positif Penegakan Protokol Covid-19

Ia mengatakan, setelah dilakukan evaluasi mingguan, pemerintah baru memutuskan apakah kebijakan itu akan diterapkan di provinsi dan kabupaten/kota lainnya yang belum menerapkan PSBB. “Kemudian kita akan lebarkan ke provinsi dan kabupaten/Kota lainnya apabila memang itu dirasa terdapat perbaikan-perbaikan yang signifikan karena kita telah menurunkan TNI dan Polri di tempat-tempat keramaian di provinsi, kabupaten maupun kota,” katanya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi melakukan peninjauan di Stasiun MRT Bundaran Hotel Indonesia untuk memastikan penerapan kebijakan serupa di lokasi itu.

Rencananya, pemerintah akan mengimplementasikan new normal, seperti diatur dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha pada Situasi Pandemi. Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 telah menyatakan bahwa PSBB dilakukan salah satunya dengan meliburkan tempat kerja.



Sumber: BeritaSatu.com