Penumpang Ojol Diminta Bawa Helm Sendiri

Penumpang Ojol Diminta Bawa Helm Sendiri
Ilustrasi ojek dalam jaringan. (Foto: Antara / Fauzan)
Thresa Sandra Desfika / MPA Rabu, 27 Mei 2020 | 15:37 WIB

 

Jakarta, Beritasatu.com-Gabungan Aksi Roda Dua (Garda) Indonesia mengimbau penumpang ojek online (ojol) untuk membawa helm sendiri. Hal itu sebagai salah satu pemenuhan protokol kesehatan yang ditetapkan asosiasi tersebut.

Ketua Presidium Nasional Igun Wicaksono menjelaskan, pada awal Maret 2020, Garda telah menerbitkan protokol kesehatan bagi para pengemudi dan imbauan agar penumpang membawa helm sendiri.

"Untuk memasuki fase baru pandemi Covid-19 Garda juga tengah menyiapkan dan siap menerapkan basic hygiene bagi para pengemudi ojol maupun pengguna jasa ojol sebagai penguatan protokol kesehatan sebagai preventif," kata Igun dalam keterangannya, Rabu (27/5/2020).

Basic hygiene, ujar Igun, merupakan langkah preventif Garda dalam menyambut fase baru pandemi Covid-19, yakni The New Normal, di mana apabila ojol sudah diperbolehkan membawa penumpang, maka diharapkan penumpang mendapatkan layanan ojol yang bersih dan higienis optimal.

Menurut Igun, sebagai asosiasi pengemudi ojol, Garda fokus pada preventif, protokol kesehatan, dan basic hygiene, di mana tingkat keberhasilannya adalah minimalnya laporan pengemudi ojol yang positif maupun ODP dan PDP Covid-19.

"Garda berharap pemerintah maupun otoritas terkait penanganan Covid-19 dapat melibatkan asosiasi dalam menguatkan protokol kesehatan dan basic hygiene untuk memasuki fase The New Normal," pungkas Igun.



Sumber: BeritaSatu.com