Asupan Suplemen Antioksidan Tingkatkan Imunitas Tubuh

Asupan Suplemen Antioksidan Tingkatkan Imunitas Tubuh
Ilustrasi Suplemen. (Foto: Beritasatu Photo / Istimewa)
Indah Handayani / FER Rabu, 3 Juni 2020 | 22:37 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Secara bertahap, era normal baru atau new normal telah berjalan di Indonesia. Hal itu ditandai dengan kembalinya operasional sejumlah sektor industri dan bisnis.

Baca Juga: Cegah Nyeri Punggung Akibat WFH

Meski demikian, masyarakat diharapkan tidak lengah dan tetap waspada saat memasuki era new normal, mengingat penemuan vaksin Covid 19 masih panjang.

Untuk itu, dalam menjalani era new normal sangat dibutuhkan daya tahan tubuh yang kuat. Salah satunya adalah dengan asupan suplemen antioksidan.

Dokter spesialis paru RSUP Persahabatan, Erlina Burhan mengatakan, sejumlah kebiasaan yang sudah dijalankan saat pandemi virus corona (Covid-19) harus terus dijalankan saat new normal.

Baca Juga: Tips Menjaga Kebugaran Saat WFH

"Seperti misalnya, disiplin PSBB dengan tidak bepergian, jaga jarak, pakai masker, cuci tangan, hidup bersih, dan sehat, termasuk meningkatkan daya tahan tubuh mereka," ujar Erlina dalam diskusi online Asthin, Rabu (3/6/2020).

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, lanjut Erlina, masyarakat harus melakukan makan yang cukup, istirahat yang cukup, memiliki suasana hati yang bagus atau jangan stres, minum vitamin, dan sebagainya.

"Untuk mereka yang tidak begitu yakin apakah makanan yang dikonsumsi sudah cukup mengandung vitamin, maka mereka bisa melengkapinya dengan mengonsumsi produk vitamin atau suplemen," tandas Erlina.

Baca Juga: Jaga Imunitas Tubuh dengan Konsumsi Asam Folat

Dokter spesialis alergi-imunologi, Iris Rengganis menambahkan, Covid-19 merupakan suatu pandemi virus yang menimbulkan ketakutan banyak orang. Sehingga, menyebabkan banyak orang pakai macam-macam, termasuk suplemen.

"Asupan penting pada kondisi seperti ini adalah antioksidan. Ini penting sekali, karena proses di dalam tubuh, seperti makanan dan segala macam, akan terbentuk oksidan-oksidan. Jadi, antioksidan itu adalah salah satu yang meningkatkan imun sistem. Antioksidan ada di vitamin A, C, dan E," jelas Iris.



Sumber: BeritaSatu.com