Sandiaga Soroti Penularan Covid-19 di Pasar Tradisional

Sandiaga Soroti Penularan Covid-19 di Pasar Tradisional
Teks Foto: Pengusaha Sandiaga Uno menunjukkan salah satu produk lokal, Rabu (20/5/2020) (Foto: Beritasatu Photo / Istimewa)
Hotman Siregar / WBP Jumat, 12 Juni 2020 | 14:37 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Sandiaga Uno menyoroti penyebaran virus corona (Covid-19) di pasar tradisional di Jakarta. Sandi ingin pedagang dan konsumen lebih memerhatikan protokol kesehatan.

"Pedagang wajib memakai sarung tangan, masker dan face shield (pelindung wajah), sehingga tidak ada potensi penularan saat berinteraksi dengan yang lain," ungkapnya dalam gowes bersama di Jakara, Jumat (12/6/2020).

Baca juga: Ikappi Sebut 27 Pedagang di Pasar Meninggal Akibat Covid-19

Menurutnya, 60 persen perekonomian di Jakarta berada di pasar tradisional, sehingga perlu protokol kesehatan yang tepat guna menekan penularan Covid-19.

Dalam acara gowes tersebut, turut diikuti oleh Wali Kota Jakarta Selatan, Marullah Matali, dan Anggota Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta Ahmad Lukman Jupiter.

Jupiter mengimbau masyarakat untuk mematuhi protokol pencegahan Covid-19 yang dikeluarkan Pemprov DKI Jakarta. "Apalagi pemerintah daerah telah menerbitkan payung hukum berupa Pergub Nomor 41 tahun 2020 tentang Pengenaan Sanksi Terhadap PSBB Dalam Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di DKI Jakarta," ungkap dia

Dalam acara yang sama Ketua Fraksi Partai NasDem DPRD DKI Jakarta Wibi Andrino mengajak masyarakat Jakarta untuk menerapkan pola hidup sehat dalam rangka menangkal penyebaran Covid-19.

Baca juga: New Normal, Pemerintah Siapkan Pasar Tradisional Agar Tak Jadi Klaster Baru

Pada Jumat (12/6/2020) pagi, Wibi mengajak Sandiaga Uno untuk bersepeda bersama. Rutenya, dari rumah Sandiaga di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan menuju Monas, Jakarta Pusat dan kembali lagi ke rumah Sandiaga.

Wibi mengaku sengaja memboyong politisi Partai Gerindra itu karena Sandiaga merupakan salah satu tokoh di Tanah Air. Sosoknya yang melekat dengan milenial, diyakini mampu diikuti masyarakat dari berbagai lapisan.

"Saya ucapkan terima kasih kepada Bang Sandi yang mau gowes bersama untuk memberikan contoh kepada masyarakat, salah satunya olahraga sepeda," kata Wibi di lapangan olahraga Kelurahan Selong, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Jumat (12/6).

Wibi mengatakan, aktivitas olahraga merupakan salah satu cara untuk menangkal wabah Covid-19. Dengan rajin berolahraga sambil mengonsumsi makanan sehat, imunitas tubuh akan terjaga.

Menurutnya, kegiatan sepeda ini akan menjadi agenda rutin bagi anggotaa Fraksi Nasdem setiap bulan.

Wibi yang baru menjadi anggota DPRD DKI Jakarta ini bakal mengajak Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) untuk menggowes bersama. "Seperti yang dikatakan Bang Sandi, kita olahraga harus rutin. Nah, mungkin nanti kita akan ajak tokoh-tokoh yang berpengaruh di Indonesia, seperti pak Jokowi dan sebagainya," ungkap Wibi.

Sementara itu Sandiaga Uno mengaku, telah berkoordinasi dengan Ketua Bicylce Club DKI Jakarta Michael Rolandi dan Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono untuk mengajak Presiden Joko Widodo agar gowes bersama.



Sumber: BeritaSatu.com