Asupan Nutrisi Dukung Kekebalan Tubuh Selama New Normal

Asupan Nutrisi Dukung Kekebalan Tubuh Selama New Normal
Ilustrasi makanan sehat (Foto: Kintamani.id)
Indah Handayani / FER Rabu, 24 Juni 2020 | 15:31 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Pemerintah telah menerapkan tatanan kehidupan normal baru atau new normal, yang memungkinkan masyarakat dapat menjalankan aktivitas sehari-hari, dengan tetap mengacu kepada adaptasi perubahan budaya yang diperlukan dalam menghadapi kondisi pandemi virus corona atau Covid-19.

Baca Juga: Pentingnya Pemeriksaan Ginekologi

Senior Director & Country General Manager Herbalife Nutrition Indonesia, Andam Dewi mengatakan, semua pihak harus dapat beradaptasi dengan kebiasaan-kebiasaan baru dalam menjalani aktivitas di era new normal. Untuk itu, diharapkan setiap individu memiliki sistem imunitas yang baik

"Sistem imunitas yang baik merupakan bekal menjalani kebiasaan baru. Namun, saat berbicara mengenai sistem imunitas tubuh, sering kali hanya dihubungkan dengan kemampuan tubuh dalam menangani flu dan infeksi," ujar Andam dalam webinar Nutrition Talk 'Sharing the Power of Good Nutrition' yang ditayangkan secara online, Rabu (24/6/2020).

Menurut Andam, perlu juga dipertegas bahwa sistem kekebalan tubuh sangat berkorelasi erat dengan terpenuhinya nutrisi yang diperlukan.

"Jika menginginkan tubuh yang sehat, berarti harus menjaga pola makan yang sehat. Makanan yang sehat akan meningkatkan imunitas tubuh untuk melawan penyakit," tegas Andam Dewi.

Baca Juga: Lima Bahan Alami Pengganti Gula

Dosen Departemen Gizi Masyarakat Institut Pertanian Bogor (IPB), Dr Rimbawan mengatakan, di masa pandemi ini, tanpa disadari membuat masyarakat berusaha untuk memenuhi gizi seimbang dan baik untuk tubuh. Meski demikian, dalam kondisi sehat dan aktivitas normal, seharusnya tidak ada perubahan angka kecukupan zat gizi di era new normal.

"Dengan mencukupi semua kebutuhan zat gizi, sangat diperlukan untuk menjaga agar sistem imunitas tetap terjaga dengan baik,” jelas Rimbawan.

Sayangnya, lanjut Rimbawan, saat ini banyak masyarakat yang hanya berfokus pada zat gizi tertentu saja. Misalnya adalah vitamin C. Belum lagi, kebiasaan masyarakat Indonesia yang masih kurang dalam mengkonsumsi buah dan sayur. Padahal, sistem imun baru akan aktif ketika ketersediaan zat penghasil energi dan yang dibutuhkan bagi tubuh terpenuhi.

"Diantaraya adalah karbohidrat, protein, dan lemak, vitamin, dan mineral. Untuk itu, mulailah untuk menerapkan gizi seimbang dalam setiap menu makanan yang dikonsumsi. Mulai dari perbanyak konsumsi buah dan sayur, protein bermutu tinggi, tetap penuhi kebutuhancairan, serta perhatikan asupan beberapa vitamin dan mineral yang berperan dalam imunitas tubuh. Khususnya vitamin A, C, D, B6, B12, folat, Se, Zn, Cu, dan Fe," kata Rimbawan.

Baca Juga: Jaga Imunitas Tubuh dengan Protein Hewani

Sementara itu, Nutritionist Herbalife Nutrition Indonesia, Aria Novitasari menambahkan,  bagian terbesar dari sistem kekebalan tubuh atau sekitar 70 persen terletak di dekat usus, yang memonitor asupan makanan dan bagaimana tubuh menggunakannya.

"Ini yang menjadi penting bagi kita untuk mengkonsumsi makanan seimbang dengan vitamin, mineral, dan nutrisi yang tepat sambil mempertahankan gaya hidup sehat. Dengan kata lain menjaga kesehatan sistem pencernaan adalah salah satu kunci untuk menjaga sistem imun kita tetap optimal," tandas Aria.



Sumber: BeritaSatu.com