Logo BeritaSatu

Pencernaan Sehat Imunitas Tubuh Kuat

Kamis, 25 Juni 2020 | 22:33 WIB
Oleh : Indah Handayani / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Pandemi virus corona atau Covid-19 membuat masyarakat sangat sadar untuk menjaga imunitas tubuh agar siap menjalani aktivitas. Sayangnya, masih banyak kalangan yang tak sadar bahwa menjaga saluran pencernaan sehat adalah awal dari imunitas kuat. Mengingat sebanyak 70 persen sel imun ada dan hidup di pencernaan.

Baca Juga: Empat Cara Kurangi Ketagihan Junk Food

Advertisement

Dokter spesialis gizi medik, dr Hilna Khairunisa Shalihat, menjelaskan, sebanyak 70 persen sel imun yang terdiri dari Dendritic Cells (DCs), T-cells, dan Immunoglobulin A (IgA) terdapat pada sistem pencernaan. Untuk itu, dengan sistem pencernaan yang sehat, sistem imun pun akan kuat dan terjaga dalam melawan berbagai patogen, baik berupa bakteri ataupun virus.

"Sehingga, mengurangi risiko penularan penyakit, baik yang disebabkan oleh virus maupun patogen lain. Tidak hanya itu, banyak benefit lainnya yang bisa didapatkan, diantaranya mengurangi tingkat stres, asupan pola makan tercukupi," ungkap Hilna di acara webinar FibreFirst 'Sistem Pencernaan Sehat Imunitas Kuat' yang digelar secara virtual, Kamis (25/6/2020).

Menurut Hilna, konsumsi serat yang cukup dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan yang kemudian akan meningkatkan sistem imun tubuh. Dengan memperhatikan asupan serat minimal 5 hingga 7 porsi per hari atau setara dengan 25-35 gram.

Baca Juga: Konsumsi Ini untuk Daya Tahan Tubuh yang Kuat

"Namun, konsumsi buah dengan sayur tidak bisa hanya salah satu saja, tapi juga harus keduanya, yaitu sayuran sebanyak 3-4 porsi dan buah 2-3 porsi. Contohnya saja, makan sayur bisa di masukan pada saat makan besar, seperti sarapan, makan siang, dan malam. Sedangkan makan buah bisa dilakukan pada waktu snacking sebanyak dua kali pada diantara waktu sarapan dan makan siang atau waktu makan siang dengan makan malam,” paparnya.

Scientific FibreFirst, Nourmatania Istiftiani, mengatakan, diet adalah salah satu faktor kunci yang mempengaruhi komposisi dan fungsi bakteri pencernaan. Oleh karena itu, diet rendah serat, gula tinggi, dan lemak berhubungan dengan timbulnya peradangan di usus dan sisitem pencernaan yang tidak sehat.

"Sayangnya, sebanyak 95,4 persen masyarakat Indonesia tidak mengonsumsi cukup buah dan sayur atau masih kurang dari 5 porsi sehari. Kurangnya konsumsi buah-buahan dan sayuran meningkatkan resiko kekurangan serat dan dapat menyebabkan bertumpuknya kotoran dan racun," jelasnya.

Baca Juga: Tips Menjaga Kebugaran Saat WFH

Sales & Marketing Director PT Kobe Nutri Farma, Jozef Thenu mengatakan, pihaknya menghadirkan FibreFirst mengandung serat premium dan nutrisi dari ekstrak buah pilihan yang dapat memenuhi asupan buah dan sayur, serta menyehatkan sistem pencernaan dengan detoksifikasi optimal.

Bahkan, FibreFirst juga merupakan suplemen kesehatan pertama di Indonesia yang terjamin kualitasnya dengan memberikan jaminan pengembalian uang jika dalam 30 hari konsumen tidak merasa puas oleh manfaat kesehatan.

"Konsumsi serat yang cukup dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan yang kemudian akan meningkatkan sistem imun tubuh. Sehingga meningkatkan kesehatan masyarakat, khususnya selagi kondisi pandemi Covid-19 ini," tandas Josef.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Perhatikan Asupan Makanan untuk Cegah Risiko Diabetes Anak

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mencatat, temuan kasus diabetes anak meningkat hingga 70 kali lipat sejak tahun 2010.

NEWS | 6 Februari 2023

PP Muhammadiyah Tetapkan 1 Ramadan 1444 H Jatuh pada Kamis 23 Maret 2023

Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengumumkan awal Ramadan jatuh pada Kamis Pon, 23 Maret 2023 M.

NEWS | 6 Februari 2023

Sejarah Universitas Indonesia atau UI, Kampus Terbaik di Indonesia Versi QS WUR 2023

Universitas Indonesia atau UI adalah kampus terbaik di Indonesia versi Quacquarelli Symonds World University Ranking atau QS WUR 2023.

NEWS | 6 Februari 2023

Fadli Zon Tak Tahu Anies Utang Rp 50 Miliar ke Sandiaga Saat Pilkada DKI 2017

Fadli Zon mengaku tidak tahu soal utang Anies Baswedan sebesar Rp 50 miliar kepada Sandiaga Uno di Pilkada DKI Jakarta pada 2017.

NEWS | 6 Februari 2023

Terjadi 18 Kali Gempa Susulan, Rumah Sakit di Suriah Kewalahan Tangani Korban

Sedikitnya terjadi 18 gempa susulan dengan kekuatan lebih dari M 4 telah dicatat setelah gempa dahsyat melanda Turki selatan Senin (6/2/2023) pagi.

NEWS | 6 Februari 2023

Gempa Turki, KBRI Ankara: 3 WNI Terluka

Gempa Turki, KBRI Ankara sejauh ini mengkonfirmasi belum ada WNI yang tewas akibat gempa berkekuatan M 7,8 tersebut.

NEWS | 6 Februari 2023

Update: Korban Tewas Gempa Dahsyat Turki Jadi 521 Orang

Sebanyak 521 orang tewas di dua negara setelah gempa dahsyat berkekuatan (M) 7,8 SR mengguncang Turki selatan Senin (6/2/2023) pagi.

NEWS | 6 Februari 2023

Jaksa Minta Chuck Putranto Dinyatakan Bersalah dalam Kasus Brigadir J

Jaksa minta majelis hakim agar tetap menyatakan Chuck Putranto bersalah dalam kasus obstruction of justice kasus tewasnya Brigadir J.

NEWS | 6 Februari 2023

Gempa Turki, Korban Tewas Sudah Lebih 300 Orang

Gempa berkekuatan magnitudo 7,8 yang melanda Turki dan dirasakan hingga Suriah telah menelan korban hingga 300 jiwa.

NEWS | 6 Februari 2023

Ini Daftar Universitas Negeri Terbaik untuk Panduan UTBK SBMPTN 2023 atau SNBT 2023

Pendaftaran UTBK SBMPTN 2023 atau SNBT 2023 belum dibuka.

NEWS | 6 Februari 2023


TAG POPULER

# Pelecehan Anak


# Liga Spanyol


# Hasya Athallah


# Bripka Madih


# Pemilu 2024


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Perhatikan Asupan Makanan untuk Cegah Risiko Diabetes Anak

Perhatikan Asupan Makanan untuk Cegah Risiko Diabetes Anak

NEWS | 2 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE