Jokowi Perintahkan RSKI Pulau Galang Rawat Pasien Covid-19

Jokowi Perintahkan RSKI Pulau Galang Rawat Pasien Covid-19
Rumah Sakit Khusus Infeksi Covid-19 Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau. (Foto: Antara)
Lenny Tristia Tambun / FMB Senin, 29 Juni 2020 | 13:49 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Melihat kasus baru masih terus bertambah, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Pulau Galang di Batam dapat dimanfaatkan untuk merawat pasien positif terinfeksi Covid-19 dengan kondisi sedang.

Demikian disampaikan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo seusai ratas dengan Presiden Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (29/6/2020).

“Perintah Bapak Presiden untuk pemanfaatan (RSKI) Pulau Galang bagi pasien yang sakit sedang,” kata Doni Monardo.

Perintah Jokowi tersebut, menurut Doni Monardo sedang dipertimbangkan untuk pelaksanaannya. “Ini mungkin akan dipertimbangkan untuk dirawat di RSKI Pulau Galang,” ujar Doni Monardo.

Hingga Senin (29/5/2020), tercatat sebanyak 19 pasien positif Covid-19 dirawat di Rumah Sakit Khusus Infeksi Pulau Galang Batam. Jumlah tersebut tercatat berkurang dua orang sejak kemarin pukul 08.00 WIB. Juga ada sembilan PDP serta ada 16 ODP yang dirawat di rumah sakit tersebut.

Hingga hari ini tercatat total sebanyak 244 pasien yang terdaftar di rumah sakit itu sejak pertama kali menerima pasien. Dari jumlah tersebut, 198 pasien terkait covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Pulau Galang telah sembuh sejak rumah sakit tersebut menerima pasien pertamanya pada 12 April 2020.

Lalu ada dua pasien yang dirujuk ke rumah sakit lain. Sampai saat ini, belum ada pasien yang meninggal akibat Covid-19 di RSKI Pulau Galang.



Sumber: BeritaSatu.com