Menkes Terawan Teken Protokol Kesehatan Perjalanan Dalam Negeri

Menkes Terawan Teken Protokol Kesehatan Perjalanan Dalam Negeri
Petugas Babinsa memeriksa suhu tubuh calon penumpang pesawat di Bandara Silangit, Taput. (Foto: Istimewa)
Lenny Tristia Tambun / FMB Jumat, 3 Juli 2020 | 14:16 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor HK.02.01/MENKES/382/2020 tentang Protokol Pengawasan Pelaku Perjalanan Dalam Negeri di Bandara Udara dan Pelabuhan Dalam Rangka Penerapan Kehidupan Masyarakat Produktif dan Aman Terhadap Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Terawan Agus Putranto mengatakan SE tersebut adalah panduan bagi petugas yang berwenang dalam melakukan pengawasan terhadap pelaku perjalanan dalam negeri di bandar udara dan pelabuhan, pengawasan oleh dinas kesehatan daerah baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota serta panduan bagi lintas sektor terkait, maupun masyarakat, dalam rangka menuju masyarakat produktif dan aman dari penularan Covid-19.

“Apalagi saat ini, secara bertahap pemerintah membuka kembali daerah serta sektor-sektor publik. Hal ini berimplikasi pada peningkatan mobilitas masyarakat dari satu tempat ke tempat lain,” kata Terawan Agus Putranto dalam keterangan tertulisnya, Jumat (3/7/2020).

Untuk itu, lanjutnya, diperlukan protokol pengawasan pelaku perjalanan dalam negeri di bandar udara dan pelabuhan dalam rangka penerapan kehidupan masyarakat produktif dan aman terhadap penularan Covid-19.

''Dengan menerapkan protokol ini diharapkan dapat meminimalisir risiko dan dampak pandemi Covid-19 dalam perjalanan dalam negeri di bandar udara dan pelabuhan, yang mana berisiko tinggi terjadi penularan Covid-19 akibat berkumpulnya sejumlah atau banyak orang dalam satu lokasi,'' ujar Terawan Agus Putranto.

Dalam pelaksanaanya, menurut Terawan Agus Putranto terdapat hal-hal yang harus diperhatikan oleh seluruh jajaran unit/organisasi masing-masing di wilayah bandar udara dan pelabuhan.

Di antaranya, seluruh penumpang dan awak alat angkut moda transportasi udara dan laut, baik pribadi maupun umum, dalam melakukan perjalanan dalam negeri harus dalam keadaan sehat dan menerapkan prinsip-prinsip pencegahan dan pengendalian Covid-19.

“Antara lain menggunakan masker, sering mencuci tangan pakai sabun atau menggunakan hand sanitizer, menjaga jarak satu sama lain (physical distancing), menggunakan pelindung mata/wajah, serta menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat,” jelas Terawan Agus Putranto.



Sumber: BeritaSatu.com