Penggunaan Masker Kurangi Risiko Tertular Covid-19 Hingga 65 Persen

Penggunaan Masker Kurangi Risiko Tertular Covid-19 Hingga 65 Persen
Warga menggunakan masker. (Foto: Antara)
Yudo Dahono / YUD Kamis, 9 Juli 2020 | 22:08 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Penggunaan masker bisa mengurangi risiko tertular virus corona (Covid-19) hingga 65 persen. Hal tersebut diutarakan oleh Dean Blumberg Kepala Penanganan Penyakit Infeksi RS Anak UC Davis, Sacramento, California.

"Kami memelajari lebih banyak berkat riset dan bukti-bukti ilmiah dan saat ini kami mengetahui bahwa menggunakan masker tidak hanya mencegah si pengguna untuk menyebarkan (virus) ke orang lain, tetapi menggunakan masker juga melindungi mereka yang mengenakannya," kata Blumberg seperti dikutip dari Fox News, Kamis (9/7/2020).

Para ahli kesehatan telah menekankan pentingnya penggunaan masker untuk mengurangi kemungkinan penularan Covid-19. Beberapa riset terbaru juga menyatakan bahwa penggunaan masker juga melindungi penggunanya.

"Pengguna masker, bahkan masker bedah standar bisa menurunkan risiko infeksi dari penggunanya hingga sekitar 65 persen," pungkas Blumberg.

Berdasarkan penemuan terbaru Covid-19 juga bisa menular melalui udara sehingga penggunaan masker saat berada di dalam maupun di luar ruangan menjadi hal yang harus dilakukan.



Sumber: Fox News