Logo BeritaSatu

Kemkes: Hingga 8 Juli 2020, Ada 71.633 Kasus DBD

Kamis, 9 Juli 2020 | 22:50 WIB
Oleh : Dina Manafe / IDS

Jakarta, Beritasatu.com - Di saat jumlah kasus Covid-19 menanjak, kejadian demam berdarah dengue (DBD) di Indonesia juga terus meningkat. Hanya dalam 28 minggu hingga 8 Juli 2020, jumlah kasus DBD sudah mencapai 71.633. Angka ini meningkat 2.880 kasus hanya dalam rentan waktu 19 hari, atau sejak terakhir dilaporkan 21 Juni lalu sebanyak 68.753 kasus.

Sementara jumlah kematian akibat DBD sudah mencapai 459 orang. Pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan (Kemkes) mengingatkan semua pihak untuk mewaspadai peningkatan kasus DBD.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik Kemkes, dr Siti Nadia Tarmizi, M.Epid mengatakan, peningkatan kasus DBD patut diwaspadai. Pasalnya, memasuki musim kemarau ini jumlah kasus seharusnya berkurang. Namun dari data yang ada masih ditemukan peningkatan kasus di sejumlah daerah.

“Seharusnya di bulan Juli ini tidak ditemukan kasus lagi, tetapi kita masih mendapatkan laporan terjadi kasus DBD di beberapa daerah. Ini jadi catatan dan kewaspadaan kita bersama,” kata Nadia pada diskusi media secara daring, Kamis (9/7/2020).

Nadia mengatakan, semua pihak harus mewaspadai potensi penularan DBD. Sebab, peningkatan kasus akan menyebabkan fasilitas kesehatan mengalami beban ganda, yaitu Covid-19 dan DBD dalam waktu bersamaan.

Menurut Nadia, di sejumlah provinsi kejadian DBD menambah beban. Selain memiliki kasus positif Covid-19 terbanyak, jumlah kejadian kasus DBD juga tinggi. Di urutan pertama adalah Jawa Barat dengan kasus DBD mencapai 10.772, dan kasus Covid-19 sebanyak 4843. Di urutan kedua ada Bali dengan jumlah kasus DBD 8930, sedangkan Covid-19 2024. Jawa Timur dengan kasus DBD 5498, dan kasus Covid-19 urutan pertama yaitu 15.484. Setelah Jawa Timur, tujuh provinsi lain yang masuk 10 besar kasus DBD terbanyak, yaitu NTT, Lampung, DKI Jakarta, NTB, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Riau.

Jumlah kasus kematian terbanyak dilaporkan dari Kabupaten Tasikmalaya 16 orang, Sikka 15 orang, Cirebon 11 orang, Belu 9 orang, Kota Bandung 9 orang, Kota Jambi 8 orang, Kota Kupang orang, Pacitan 7 orang, Bengkalis 6 orang, dan Bandung 6 orang.

Nadia mengatakan, seseorang bisa terinfeksi virus dengue dan mengalami kondisi yang disebut demam dengue. Namun orang dengan demam dengue akan sembuh apabila memiliki daya tahan tubuh baik, sehingga tidak masuk ke kondisi lebih parah yaitu demam berdarah.

Kemkes mengajak masyarakat untuk tetap melaksanakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dengan menjadi juru pemantau jentik (jumantik) di rumah masing-masing. Bagi yang masih menjalankan social distancing dengan tinggal di rumah, bisa diisi dengan kegiatan memberantas sarang nyamuk. Demikian pula untuk pemilik atau pengelola tempat penginapan, hotel, dan gedung-gedung yang selama ini tidak dihuni akibat pandemi Covid-19 harus dilakukan PSN.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Survei Indikator: Kokoh di Puncak, Elektabilitas Ganjar Pranowo Tidak Terkejar

Survei terbaru Indikator Politik menunjukkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kokoh di puncak elektabilitas calon presiden (capres).

NEWS | 2 Oktober 2022

DPR Sesalkan PT LIB Abaikan Rekomendasi Polisi soal Jadwal Arema vs Persebaya

Habiburokhman menyesalkan PT Liga Indonesia Baru (LIB) yang mengabaikan rekomendasi polisi untuk mengubah jadwal pertandingan Arema vs Persebaya.

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Ridwan Kamil Legawa Laga Persib vs Persija Ditunda

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil legawa pertandingan Persib melawan Persija ditunda imbas dari tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan orang. 

NEWS | 2 Oktober 2022

Korban Badai Ian bertambah, Biden Akan Kunjungi Florida

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden akan mengunjungi Florida saat korban tewas akibat Badai Ian naik menjadi 44 orang.

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, DPR: Aparat Harus Tahu Larangan Penggunaan Gas Air Mata

Pengunaan gas air mata menjadi salah satu hal yang disorot publik dalam tragedi Kanjuruhan, usai pertandingan Arema FC vs Persebaya di Stadion Kanjuruhan.

NEWS | 2 Oktober 2022

DPR: Tragedi Kanjuruhan Akan Sangat Berpengaruh terhadap Olahraga Nasional

Wakil Ketua Komisi X DPR, Hetifah Sjaifudian menyampaikan keprihatinannya atas tragedi Kanjuruhan, usai pertandingan Arema FC vs Persebaya Surabaya.

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, GMPI Jawa Timur: "Aremania vs Gas Air Mata"

Generasi Muda Pembangunan Indonesia (GMPI) Jawa Timur (Jatim) menyayangkan terjadinya tragedi Kanjuruhan, usai laga Arema FC vs Persebaya Surabaya.

NEWS | 2 Oktober 2022

Komnas HAM Kirim Tim Usut Tragedi Kanjuruhan Malang yang Tewaskan 174 Orang

Komnas HAM turunkan tim penyelidikan terkait tragedi Kanjuruhan di Stadion Kanjuruhan, Malang yang dilaporkan telah tewaskan 174 orang.

NEWS | 2 Oktober 2022

Komnas HAM Minta Polisi Usut Tuntas Tragedi Kanjuruhan

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) meminta jajaran kepolisian untuk mengusut tuntas tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Mahfud Nilai Sepak Bola Kerap Pancing Suporter Emosi

Mahfud MD menyampaikan penyesalan pemerintah atas terjadinya tragedi Kanjuruhan usai pertandingan Arema FC vs Persebaya Surabaya, Sabtu (1/10/2022).

NEWS | 2 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
DPR Sesalkan PT LIB Abaikan Rekomendasi Polisi soal Jadwal Arema vs Persebaya

DPR Sesalkan PT LIB Abaikan Rekomendasi Polisi soal Jadwal Arema vs Persebaya

NEWS | 8 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings