Tips Tetap Sehat di Era Adaptasi Kebiasaan Baru

Tips Tetap Sehat di Era Adaptasi Kebiasaan Baru
Senior Director Worldwide Nutrition Education and Training Herbalife Nutrition, Susan Bowerman. (Foto: Beritasatu Photo / Istimewa)
Indah Handayani / Dina Manafe / FER Kamis, 23 Juli 2020 | 20:15 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Pandemi virus corona atau Covid-19 telah mengubah banyak hal termasuk kebiasaan baru dalam kehidupan sehari-hari. Selain melaksanakan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19, menjaga imunitas dengan berperilaku hidup sehat adalah kunci menangkal penyakit.

Baca Juga: Tips Menjaga Kebugaran di Masa Pandemi Covid-19

Pakar nutrisi dan juga Senior Director Worldwide Nutrition Education and Training Herbalife Nutrition, Susan Bowerman mengatakan, sebagian besar masyarakat di dunia sudah memiliki kebiasaan atau cara baru untuk melindungi diri sendiri, keluarga maupun komunitasnya. Mulai dari rajin mencuci tangan, beradaptasi memakai masker saat bepergian, tidak bersalaman atau berpelukan dan menjaga jarak ketika beraktivitas di luar rumah.

Namun, ada lima kebiasaan khusus yang harus diperhatikan agar tetap kuat dan sehat menghadapi era kebiasaan baru.

Pertama, persediaan makanan yang sehat. Beberapa orang saat berbelanja memilih makanan siap saji atau instan untuk bisa disimpan lebih lama, seperti mi instan, nugget ayam, kue, makanan ringan yang belakangan melonjak penjualannya. Hasilnya, perilaku stres yang memicu pola makan tidak teratur sehingga menyebabkan kenaikan berat badan. Namun sebagian orang juga sadar akan pentingnya mengonsumsi buah dan sayuran dalam menghadapi masa adaptasi kebiasaan baru ini.

Baca Juga: Vaksinasi Juga Penting Bagi Orang Dewasa

Kedua, mengingkatkan konsumsi protein. Protein sangat penting untuk tubuh dalam mendukung kesehatan tulang, otot, jaringan ikat dan rambut, di samping tubuh membutuhkan protein untuk memproduksi protein khusus seperti antibodi, enzim, dan hormon, jaringan tubuh, antibodi, enzim, dan banyak lagi.

"Makanan yang sesuai dengan selera tidak selalu menyediakan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Kebutuhan nutrisi harian sangat tergantung dengan pilihan makanan yang Anda pilih dalam konsumsi sehari-hari,” kata Susan dalam keterangan tertulis yang diterima Beritasatu.com, Kamis (23/7/2020).

Ketiga, meningkatkan konsumsi flavanoid. Menurut Susan, flavonoid merupakan kelompok senyawa bioaktif yang banyak ditemukan pada bahan makanan yang berasal dari tumbuhan, tetapi khususnya dalam teh, cokelat, apel, beri, dan anggur. Flavanol adalah antioksidan aktif, dan memiliki manfaat lain termasuk mendukung kesehatan jantung dan fungsi kognitif tubuh. Saat ini semakin banyak perusahaan nutrisi sedang melakukan penelitian baru untuk menggabungkan flavanol dari kakao dan teh ke dalam makanan dan minuman sebagai suplemen tubuh.

Baca Juga: Ragam Manfaat Minyak Esensial untuk Tubuh

Keempat, tetap berolahraga. Sejak merebaknya Covid-19, banyak fasilitas olahraga dan taman ditutup atau dengan tetap dibuka namun dengan akses terbatas. Tetapi banyak pula orang menemukan cara kreatif untuk tetap berolahraga yang efektif dan menyenangkan. Misalnya mengikuti kelas yoga secara online, atau melakukan aktivitas naik turun tangga, lompat tali, aerobik bersama keluarga di rumah untuk melepaskan kalori.

"Anda dapat melakukan olahraga sederhana cukup di rumah secara rutin untuk dapat meregangkan dan memperkuat tubuh,” katanya.

Kelima, belajar hilangkan stres. Menurut Susan, kegiatan sehari-hari sangat rentan stres. Mulai dari masalah keluarga hingga pekerjaan akan menjadi hal yang memicu stres. Apalagi efek pandemi dan ketidakpastian ekonomi menyebakan stres yang luar biasa. Menjaga tingkat stres dengan sama halnya menjaga tubuh dan jiwa.



Sumber: BeritaSatu.com