Peneliti Sebut Tolak Angin Cair Dapat Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Peneliti Sebut Tolak Angin Cair Dapat Tingkatkan Daya Tahan Tubuh
Direktur PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk Irwan Hidayat. (Foto: Istimewa)
Jayanty Nada Shofa / JNS Rabu, 29 Juli 2020 | 08:41 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Pada tahun 2007, Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (FK Undip) Semarang mengadakan uji khasiat terhadap obat herbal produksi PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk, Tolak Angin cair. Hasilnya, Tolak Angin cair disebutkan bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Menurut Ketua Lembaga Penelitian FK Undip Prof. dr Edy Dharmana Msc Phd, peningkatan daya tahan tubuh usai mengkonsumsi Tolak Angin disebabkan oleh bertambahnya sel T (sel darah putih). Kandungan pada Tolak Angin juga mampu meningkatkan fungsi fagositosis makrofag.

"Sel T sangat penting untuk ketahanan tubuh terhadap penyakit," kata Edi dalam keterangan tertulisnya, Selasa (27/7/2020).

Secara umum, sel T merupakan kelompok sel darah putih yang akan menyerang virus.

Edi menyatakan, sebelum vaksin dan obat untuk Covid-19 ditemukan, masyarakat dapat mengkonsumsi Tolak Angin dua kali sehari untuk meningkatkan sel T.

Langkah ini, lanjut Edi, tentunya harus disertai dengan menjalankan protokol kesehatan seperti mencuci tangan, menjaga jarak fisik, serta mengenakan masker ketika berada di luar rumah.

“Dulu saya sering infeksi tenggorokan kronis atau faringitis dan sering meriang. Saya minum Tolak Angin dan juga permen Tolak Angin. Hasilnya sembuh dan faringitis saya jarang kambuh,” ungkap Edi.

Dilansir dari laman Halodoc, Kepala Departemen Biologi Texas A&M University-Texarkana Ben Neuman menjelaskan respon sel T berperan penting dalam menghadapi virus corona.

Neuman menyatakan, hasil pemeriksaan darah orang yang selamat dari infeksi virus corona menunjukkan adanya respon sel pembunuh T yang sangat baik. Sementara itu, mereka yang tidak mampu bertahan pada umumnya tidak menghasilkan respon sel pembunuh T yang baik.

Meski demikian, Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat menyatakan perusahaan saat ini masih harus melaksanakan penelitian spesifik mengenai khasiat Tolak Angin untuk mencegah infeksi virus corona.

“Kami akan melanjutkan penelitian Tolak Angin untuk membuktikan apakah Tolak Angin juga bermakna untuk ketahanan tubuh terhadap Covid-19 dan virus-virus yang lain,” pungkas Irwan.

Sebagai informasi, Tolak Angin cair merupakan obat herbal yang mengandung adas, jahe, daun mint, daun cengkeh, kayu manis, daun ules, serta madu. Obat herbal ini pertama kali diformulasikan pada tahun 1930.



Sumber: BeritaSatu.com