Tips Menjaga Diri Tetap Sehat Mental Saat WFH
Logo BeritaSatu

Tips Menjaga Diri Tetap Sehat Mental Saat WFH

Kamis, 3 September 2020 | 20:54 WIB
Oleh : Indah Handayani / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Mengingat masih tingginya tingkat penyebaran virus corona atau Covid-19 di Indonesia, membuat banyak perusahaan memutuskan untuk tetap memberlakukan kebijakan work from home (WFH) atau bekerja di rumah untuk menekan angka penyebaran virus mematikan tersebut.

Menjalani WFH di tengah pandemi Covid-19, di sisi lain ternyata bisa beresiko bagi kesehatan mental seseorang. Organisasi kesehatan dunia (World Health Organization/WHO) bahkan memberikan peringatan, pandemi Covid-19 berisiko tinggi menimbulkan krisis kesehatan mental global yang serius.

Psikolog klinis, Pritta Tyas Mangestuti dalam sesi webinar Insight Me menjelaskan, sangat penting menjaga diri agar tetap sehat mental, terutama saat bekerja di rumah.

"Kesehatan mental itu meliputi kesejahteraan emosi, psikologis, dan sosial seseorang. Ketiga hal ini sangat mempengaruhi bagaimana pemikiran, perasaan, dan perilaku seseorang," jelas Pritta dalam keterangan persnya, Kamis (3/9/2020).

Lebih lanjut, Pritta menjelaskan, ada beberapa tips untuk menjaga kesehatan mental di tengah pandemi. Pertama, menyadari pikiran negatif yang muncul dan menggantinya dengan pemikiran alternatif yang lebih positif.

"Misalnya ketika kita berpikir 'Aku memang payah karena nggak ada perusahaan yang menerimaku'. Apakah kondisi tidak diterima kerja disebabkan 100 persen karena kualitas kita? Adakah faktor penyebab lainnya? Seberapa kontribusinya?" jelasnya.

Kedua, lanjut Pritta, rutin menuliskan apa yang bisa kita syukuri dari aktivitas sepanjang hari. Pasalnya, rasa syukur dapat meningkatkan kesejahteraan hidup seseorang. Ketiga, latih diri untuk lebih mindful atau fokus pada apa yang dilakukan saat ini. Keempat, berbuat baik pada orang lain. "Alasannya, karena membantu orang lain memiliki efek positif pada perasaan kita terhadap diri sendiri," paparnya

Menurut Pritta, tips terakhir yang tidak kalah penting adalah atur pola hidup sehat, dari mulai makanan yang dikonsumsi, berolahraga, dan menerapkan waktu tidur yang tepat dan sehat untuk diri sendiri. "Penelitian menunjukkan, hal tersebut dapat meningkatkan suasana hati dan mengembalikan integritas struktural pada sel-sel otak yang diperlukan untuk fungsi kognitif," tandasnya.

Product Lead Insight Me, Khairunnisa Sekar, mengatakan, setiap bulannya Insight Me rutin mengadakan webinar dengan topik menarik yang bervariasi, seperti cara tepat mengelola stres, pulih dari trauma perselingkuhan, cara kuasai micro expression dalam 2 jam, dan masih banyak lagi.

"Kesehatan mental itu kan nggak melulu untuk yang telah terdiagnosa gangguan mental ya. Insight Me ini dapat digunakan individu untuk mengembangkan potensinya secara maksimal, karena di sini kita punya materi untuk masalah sehari-hari, mulai dari yang ringan hingga berat, dan solusi praktis yang bisa dilakukan secara mandiri," kata Khairunnisa Sekar.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Erick Thohir: Semua Harus Introspeksi Diri

Terkait proteksi, tenaga medis yang menangani pasien Covid-19 akan diprioritaskan pemerintah dalam pemberian vaksinasi.

KESEHATAN | 3 September 2020

Epidemiolog UI Dukung Isolasi Mandiri di Rumah Sakit dan Gedung Pemerintah

Pasien isolasi mandiri memiliki kegawatdaruratan yang relatif tidak terlalu tinggi sehingga bisa dilakukan isolasi difasilitas lain yang tidak harus rumah sakit

KESEHATAN | 3 September 2020

DKI Jakarta Kembali Torehkan Rekor Jumlah Kasus Harian Covid-19 Hari Ini

DKI Jakarta kembali menorehkan rekor kasus harian Covid-19 dengan jumlah 1.359 pada hari ini, Kamis (3/9/2020).

KESEHATAN | 3 September 2020

Kasus Harian Covid-19 Kembali Torehkan Rekor, DKI Jakarta Terbanyak

Penambahan kasus positif Covid-19 di Indonesia menorehkan rekor pada Kamis (3/9/2020) yakni mencapai 3.622. DKI Jakarta tercatat menjadi penyumbang terbanyak.

KESEHATAN | 3 September 2020

Manfaat Mandi Air Hangat di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru

Mandi air hangat memiliki sejumlah kegunaan yang sangat baik bagi kesehatan, terlebih bila dilakukan dengan cara yang tepat.

KESEHATAN | 3 September 2020

Moeldoko Apresiasi Kepedulian Siloam Hospitals Surabaya

Siloam Hospitals Surabaya selenggarakan rapid test untuk jurnalis dan budayawan serta keluarga, di Surabaya.

KESEHATAN | 3 September 2020

Update Covid-19: Kasus Baru Catat Rekor Terbanyak 3.622

Kasus harian Covid-19 mencatatkan rekor baru pada hari ini, Kamis (3/9/2020), yakni mencapai 3.622.

KESEHATAN | 3 September 2020

25% Alami Stunting, Remaja Butuh Edukasi Gizi di Sekolah

remaja memiliki peranan penting sebagai agen perubahan untuk mengurangi kasus stunting di Indonesia

KESEHATAN | 3 September 2020

Kepala Eijkman: Pengembangan Vaksin Merah Putih Sudah 50%

Lembaga Eijkman berupaya membuat benih vaksin hanya dalam waktu satu tahun.

KESEHATAN | 3 September 2020

Dokter dan Perawat Prioritas Dapat Vaksin Covid-19

Sebagai garda terdepan dalam penanganan Covid-19, tenaga medis seperti dokter, perawat, dan bidan akan menjadi prioritas utama yang mendapatkan vaksin Covid-19.

KESEHATAN | 3 September 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS