Status Green Zone Tingkatkan Kenyamanan Pasien
Logo BeritaSatu

Status Green Zone Tingkatkan Kenyamanan Pasien

Kamis, 15 Oktober 2020 | 13:26 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Mengunjungi rumah sakit (RS) di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini tentu menjadi kekhawatiran tersendiri bagi beberapa orang, terutama bagi kalangan ibu hamil.

Menjawab kekhawatiran tersebut, Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Bunda Jakarta melakukan berbagai protokol kesehatan dan layanan yang dapat melindungi ibu dan bayi serta pendamping, di masa kehamilan hingga melahirkan. Bahkan, RSIA Bunda Jakarta telah memberlakukan status green zone area pandemi Covid-19.

"Kami memberlakukan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat dan disiplin di area rumah sakit. Hasilnya, hingga saat ini, kami bisa mempertahankan status green zone dengan zero case," ungkap Kepala RSIA Bunda Jakarta, Adittya, dalam keterangan persnya, Kamis (15/10/2020).

Adittya mengatakan, sejak diberlakukannya status green zone area pandemi Covid-19, terjadi peningkatan yang signifikan di permintaan vaksin untuk anak di RSIA Bunda Jakarta. Selain itu, pasien yang melahirkan juga mengalami peningkatan karena merasa aman dengan protokol persalinan yang diterapkan.

"RSIA Bunda Jakarta selalu berusaha mengedepankan rasa aman dengan menjaga RSIA sebagai green zone area tetapi tidak melupakan kenyamanan pasien,” jelasnya.

Adittya menambahkan, selama masa pandemi ini, RSIA Bunda Jakarta tetap memberikan pelayanan 24 jam tetapi dengan memberlakukan protokol kesehatan yang ketat, baik untuk pengunjung maupun karyawan. Protokol yang diterapkan, diantaranya skrining ketat sebelum pengunjung memasuki area RSIA Bunda Jakarta, mulai dari cek suhu tubuh hingga pendataan riwayat sakit dan perjalanan pasien.

Selain itu, adanya pemberlakuan zonasi bagi pasien sehat dan pasien sakit, pengunjung maupun karyawan diwajibkan menggunakan masker dan face shield selama di lingkungan rumah sakit, penerapan physical distancing bagi pengunjung maupun karyawan, terdapat ketentuan dalam penggunaan alat pelindung diri (APD) baik APD level 1, APD level 2, maupun APD level 3, dan dilakukannya polymerase chain reaction (PCR) swab rutin bagi karyawan RSIA Bunda Jakarta.

Adittya menyampaikan, untuk menyesuaikan dengan kondisi pandemi ini, pihak RSIA juga memberlakukan beberapa protokol tambahan, seperti pasien yang melakukan proses persalinan dan operasi lain diwajibkan untuk PCR tes minimal 7 hari sebelum tindakan. Tes PCR juga wajib dilakukan oleh suami atau pendamping selama rawat inap.

RSIA Bunda Jakarta juga telah mengembangkan protokol yang memungkinkan suami untuk dapat mendampingi istri dalam tindakan caesar di kamar operasi dengan tetap memperhatikan keamanan bagi tenaga kesehatan dan pasien. Pembatasan pengunjung pasien rawat inap juga diterapkan sebagai langkah antisipasi pencegahan Covid-19.

"Dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan berbagai SOP ini terbukti efektif, karena hingga saat ini, RSIA Bunda Jakarta masih zero cases untuk virus covid-19,” tambahnya.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

2.708 Pasien Covid-19 Jalani Perawatan di Wisma Atlet Kemayoran

Sebanyak 2.708 pasien positif Covid-19 tanpa gejala tengah menjalani isolasi mandiri dan perawatan di Tower 4-7 Wisma Atlet Kemayoran hingga Kamis (15/10/2020).

KESEHATAN | 15 Oktober 2020

Saniter Gandeng Gojek untuk Dukung Program J3K

Godrej menyediakan 20.000 unit hand sanitizer ukuran 250ml di 10.000 unit GoCar di Jakarta.

KESEHATAN | 15 Oktober 2020

Studi: Orang Golongan Darah O Berisiko Lebih Rendah Terinfeksi Covid-19

Jika Anda berdarah O tidak berarti bebas pergi ke pub dan bar.

KESEHATAN | 15 Oktober 2020

RI dan Inggris Sepakat Akses Vaksin Covid-19 yang Setara

Pertemuan tersebut tatap muka pertama kalinya setelah dia dan Raab bertemu secara virtual pada pertemuan tingkat menlu ASEAN.

KESEHATAN | 15 Oktober 2020

Internet Tersedia di Puskesmas dan Rumah Sakit Penanganan Covid-19

Pemerintah berkomitmen melakukan akselerasi penyediaan akses internet di fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) di seluruh Indonesia.

KESEHATAN | 15 Oktober 2020

Peningkatan Lebih dari 1.000 Kasus Aktif Terjadi di 12 Kabupaten/Kota

Per 11 Oktober 2020, terdapat 12 kabupaten/kota yang memiliki lebih dari 1.000 kasus aktif.

KESEHATAN | 15 Oktober 2020

Alasan Ibu Menyusui Tetap Perlu Pompa ASI Elektrik

Mutter sebagai salah brand pompa ASI, menjadi solusi bagi kalangan ibu menyusui di Indonesia.

KESEHATAN | 14 Oktober 2020

Uji Klinis Vaksin Covid-19 Sinovac Berjalan Baik

Sudah ada 600 relawan disuntikkan vaksin buatan Bio Farma lebih dari satu kali. Sementara 400 orang lainnya yang disuntikan vaksin sebanyak satu kali.

KESEHATAN | 14 Oktober 2020

Apakah Bayi dalam Kandungan Dapat Tertular Covid-19?

Para ahli belum menemukan bukti penularan virus corona saat proses kehamilan dan persalinan.

KESEHATAN | 14 Oktober 2020

Meski Pandemi, Ibu Hamil Wajib Rutin Periksa Kandungan

Hal ini penting dilakukan agar perkembangan buah hati dapat terpantau dengan baik oleh dokter.

KESEHATAN | 14 Oktober 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS